HALL CIOS – Dr. Mohammad Kholid Muslih, M.A. (Direktur Direktorat Islamisasi Ilmu Pengetahuan). Beliau menyampaikan terkait keseriusan Universitas Darussalam Gontor (UNIDA Gontor) dalam melaksanakan Program Kajian Islamisasi. Salah satu yang terpenting ialah kemandirian Fakultas/Prodi untuk mengadakan Kajian Islamisasi.

Berbagai saran disampaikan oleh beliau untuk membawa program kajian ini ketingkat selanjutnya. Dimana kajian ini sudah seharusnya dilaksanakan secara mandiri pada masing-masing Fakultas maupun Program Studi. Pemateri bisa diundang dari dosen prodi lain atau dari dosen Islamisasi. Tema yang diangkat juga bisa mengambil berdasarkan keilmuan masing-masing prodi.

Dr. Kholid juga berharap adanya output dari kajian berupa penelitian dan publikasi. Output tersebut bisa bermanfaat menjadi referensi bagi mahasiswa.

Acara Dwi Pekanan Islamisasi Ilmu Pengetahuan kali ini diselenggarakan di Hall CIOS UNIDA Gontor pada Sabtu, 20 November 2021. Al-Ustadz Dr. Abdul Hafidz bin Zaid, M.A. (Wakil Rektor I Bidang Akademik dan Kemahasiswaan) membuka acara secara langsung dengan menyampaikan isu-isu kontemporer dan beberapa nasehat dari Pimpinan Pondok Modern Darussalam Gontor (PMDG), K.H. Hasan Abdullah Sahal. Acara ini merupakan acara rutin setiap dua pekan sekali bagi dosen dan tendik UNIDA Gontor.

Pada kesempatan ini, Dr. Kholid juga menyarankan Program ‘Mimbar Dosen’ setiap Ba’da Zhuhur di Masjid Jami’ UNIDA Gontor. Hal tersebut bertujuan untuk meningkatkan kompetensi dan latihan bagi dosen, sekaligus menanamkan nilai-nilai kepada mahasiswa. Selain itu, beliau juga mengharapkan adanya ‘Mimbar Mahasiswa’ setiap ba’da Ashar dan ‘Mimbar PKU’ setiap ba’da Isya’. [Muhyil Daffa Fauzan/Ed: Muhamad Fikrul Umam]

Baca juga: Dwi Pekanan Islamisasi, Ada Pesan Menarik dari Kyai Hasan

Muhamad Fikrul Umam

Muhamad Fikrul Umam

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *