Dr. Abu Darda, M.Ag. Selesaikan Program Doktor dengan Predikat “Sangat Memuaskan”

Abu Darda

Malang – Dr. Abu Darda, M.Ag. menyelesaikan studi doktoralnya di Program Doktor Pendidikan Agama Islam Berbasis Studi Interdisipliner (PAI-BSI), Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim, Malang. Ustadz Abu Darda berhasil menyelesaikan ujian tertutup pada tanggal 11 September 2021. Kemudian, beliau melaksanakan Ujian Promosi Doktor pada hari Rabu, 15 Desember 2021 di Gedung Laboratorium Microteaching, UIN Maulana Malik Ibrahim, Malang.

Beliau menulis disertasi dengan judul, “Implementasi Kurikulum Pendidikan Keagamaan Islam dalam Meningkatkan Mutu Lulusan Pesantren: Studi Multi-Kasus Terkait Proses Pembelajaran di Pondok Pesantren Lirboyo Kediri dan Pondok Modern Darussalam Gontor Ponorogo.” Salah satu pembahasan yang menarik dari penguji ialah tentang Hidden Curriculum yang ada pada pesantren memiliki pengaruh lebih besar daripada kurikulum yang tertulis.

Ujian Promosi berjalan dengan baik didampingi oleh Prof. Dr. H. Maskuri Bakri, M.Si. sebagai promotor dan Prof. Dr. H. Roibin, M.HI. sebagai Co-Promotor. Turut hadir pula Dewan Penguji, yaitu Prof. Dr. H. A. Muhtadi Ridwan, M.Ag.; Dr. H. Agus Maimun, M.Pd.; Dr. Hj. Samsul Susilawati, M.Pd.; Prof. Dr. H. M. Zainuddin, M.A.; Dr. H. Muhammad Walid, M.A.; Prof. Dr. H. Maskuri, M.Si.; dan, Prof. Dr. H. Roibin, M.HI.

Momen ini juga dihadiri oleh keluarga Universitas Darussalam Gontor (UNIDA Gontor) yang diwakili oleh Al-Ustadz Dr. Setiawan bin Lahuri, M.A (Wakil Rektor II Bidang Keuangan, Sumber Daya Manusia dan Perencanaan Pembangunan); Al-Ustadz Dr. Khoirul Umam, M.Ec. (Wakil Rektor III Bidang Kerjasama, Penelitian, Pengabdian Masyarakat dan Alumni); Al-Ustadz Dr. Agus Budiman, M.Pd. (Dekan Fakultas Tarbiyah); dan, Al-Ustadz Ahmad Saifulloh, M.Pd.I., Ph.D. (Kepala Sekretariat Universitas).

Pada Ujian Promosi ini, beliau memperoleh nilai “sangat memuaskan”. Dengan begitu, beliau resmi menjadi Doktor ke-462 di UIN Maulana Malik Ibrahim, Malang dan ke-44 di UNIDA Gontor. [Resi Handayani/Ed: Muhamad Fikrul Umam]

Muhamad Fikrul Umam

Muhamad Fikrul Umam

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *