Childfree: Kegagalan Manusia Modern Menggambarkan Keluarga Ideal

Islam adalah agama yang mengatur seluruh aspek kehidupan, termasuk perihal keluarga. Keluarga adalah salah satu jalan manusia untuk menggapai surga. Pernikahan merupakan separuh agama, karena banyak sekali syariat-syariat yang berlaku ketika sudah menikah. Akhir-akhir ini, ada pembahasan menarik dikalangan masyarakat tentang childfree. Childfree merupakan paham yang meyakini bahwa sebuah keluarga tidak perlu memiliki anak atau keturunan.

Prof. Dr. K.H. Hamid Fahmy Zarkasyi, M.A.Ed., M.Phil., Rektor Universitas Darussalam Gontor, menyampaikan bahwa childfree ini adalah hasil pemikiran golongan feminis yang tidak mau sibuk dengan anak. Berdasarkan asas equality (kesetaraan) yang mereka yakini, pria dan wanita harus memiliki beban yang sama. Hal tersebut melahirkan pandangan bahwa aktifitas keluarga, seperti melahirkan, menyusui dan merawat anak merupakan hal yang merepotkan bagi wanita. Padahal, aktivitas tersebut merupakan ibadah dan tanggungjawab perempuan sebagai pemimpin rumah tangga (ro’iyyatun fii baitihaa).

“Islam mengajarkan, pernikahan adalah kendaraan menuju surga,” tegas Prof. Hamid yang juga merupakan Direktur INSISTS (Institute for the Study of Islamic Thought and Civilizations). “Kalau tidak punya anak, siapa yang akan mendoakan ke surga nanti?” Beliau berkisah tentang kehidupan seorang nenek di Birmingham yang hidup sendiri. Ia telah ditinggal oleh anak dan cucunya. Tidak ada satupun yang menjenguk atau menghubunginya. Kisah tersebut menggambarkan sisi lain seorang renta yang hidup sendiri dimasa udzur. Hal itu bisa dibandingkan dengan keluarga yang memiliki anak-anak sholeh. Ketika masa tua menghampirinya, mereka akan menemani dan menjadi hiburan yang menenangkan. Lebih penting lagi, mereka menjadi aset berharga generasi penerus, serta menjadi tabungan akhirat (amal jariyah) dengan doa-doa yang terus mengalir. [Muhamad Fikrul Umam]

Official

Official

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *