Bupati Ponorogo Antusias Sambut 103 Mahasiswa KKN-T Kolaboratif dari 3 Perguruan Tinggi

KKN-T Kolaboratif

Ponorogo – Bupati Ponorogo, H. Sugiri Sancoko, S.E., M.M. menyambut 103 mahasiswa KKN Kolaboratif di Pendopo Agung Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ponorogo pada Senin (20/6) pagi. Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKN-T) Kolaboratif akan dilaksanakan bersama 3 perguruan tinggi, yaitu Institut Pertanian Bogor (IPB), Universitas Muhammadiyah Ponorogo (UMPO), dan Universitas Darussalam Gontor (UNIDA Gontor) di tiga kecamatan yang ada di Kabupaten Ponorogo.

Selain Bupati Ponorogo, acara ini juga dihadiri oleh banyak pihak seperti perwakilan Kepala Dinas Pertanian Ketahanan Pangan dan Perikanan Kabupaten Ponorogo, Wakil Rektor II IPB Bidang Internasionalisasi, Kerja Sama dan Hubungan Alumni, Prof. Dr. Ir. Dodik Ridho Nurrochmat, M.Sc.; Wakil Rektor III UNIDA Gontor Bidang Kerja Sama, Penelitian, Pengabdian dan Aumni, Dr. Khoirul Umam, M.Ec., Kepala Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) dari masing-masing Perguruan Tinggi serta peserta KKN-T Kolaboratif.

Acara diawali dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya, dan dilanjutkan dengan Laporan dari Pemkab Ponorogo terkait wabah. Pemkab Ponorogo berharap program ini bisa membantu Pemkab untuk terjun langsung ke masyarakat menangani wabah tersebut.

Kemudian, acara berlanjut dengan penandatanganan kerjasama LPPM IPB dan sambutan Wakil Rektor IPB diiringi penyerahan vendel atau cendramata. Acara penerimaan mahasiswa KKN-T Kolaboratif diakhiri dengan sambutan Bapak Bupati Ponorogo. Beliau menyambut hangat para peserta KKN-T Kolaboratif dengan menyampaikan harapan besar program tersebut dapat mengembangkan ekonomi desa di Ponorogo, serta dapat menangani wabah ternak yang terjadi saat ini.

Lokasi, Waktu dan Peserta KKN-T Kolaboratif

KKN-T Kolaboratif ini dilaksanakan di Kabupaten Ponorogo, tepatnya di tiga kecamatan yaitu, Kecamatan Sooko, Kecamatan Pudak, dan Kecamatan Pulung. Lokasi tersebut terbagi menjadi 10 desa dengan 10 kelompok yang berbeda. Program ini akan dilaksanakan selama 40 hari mulai tanggal 20 Juni 2022 hingga 31 Juli 2022.

KKN-T Kolaboratif ini diikuti oleh 103 peserta dari 3 perguruan tinggi, 71 peserta dari IPB, 12 peserta dari UMPO, dan 20 peserta dari UNIDA Gontor. Program ini merupakan implementasi kerja sama antara Pemkab Ponorogo, IPB, UMPO dan UNIDA Gontor.

UNIDA Gontor melepaskan 20 Mahasiswa KKN Tematik Kolaboratif di Depan Gedung Utama UNIDA Gontor. Pelepasan ini dihadiri langsung oleh Wakil Rektor III Bidang Kerja Sama, Penelitian, Pengabdian dan Alumni, Dr. Khoirul Umam, M.Ec. 20 mahasiswa terpilih itu berasal dari 7 program studi yang berbeda, seperti Agroteknologi, Teknologi Industri Pertanian, Teknik Informatika, Keselamatan dan Kesehatan Kerja, Ekonomi Islam, Manajemen, dan Ilmu Komunikasi. [Ifa/Ed: Muhamad Fikrul Umam]

Muhamad Fikrul Umam

Muhamad Fikrul Umam

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *