Universitas Darussalam Gontor

obor fesda

Jumat, 28 Januari 2021-pagi tadi telah diadakan acara pembukaan Festival Universitas Darussalam Gontor (FESDA) yang berlangsung di depan lapangan Gedung Utama Universitas Darussalam Gontor. Acara tersebut dihadiri oleh seluruh jajaran dosen tetap dan seluruh mahasiswa UNIDA Gontor dalam rangka mengembangkan potensi mahasiswa dan menciptakan insan yang sehat dan kuat.

Proses upacara pembukaan berlangsung dengan khidmat dan seluruh mahasiswa terlihat antusias mengikuti acara tersebut. Secara simbolik, acara diresmikan dengan pembakaran Obor Api FESDA 2021 dan dilanjutkan dengan penyampain pidato pembukaan dari bapak Rektor Al-Ustadz Prof. Dr. Hamid Fahmi Zarkasyi, M.A., M.Phil..

Marwarid Khairul selaku ketua panitia FESDA tahun ini mengungkapkan bahwa terdapat beberapa perbedaan yang signifikan dari tahun sebelumnya, mulai dari format acara dan jenis perlombaan mengalami penambahan divisi yang berbeda seperti Lempar Pisau Kapak (LEMPIKA) dan Pioneering. Jika tahun sebelumnya diikuti oleh berbagai Kampus cabang, tahun ini FESDA dilaksanakan antar fakultas untuk menjaga protocol Kesehatan dan mengantisipasi penyebaran pandemi covid-19.

Mawarid Khairul (kiri) selaku ketua panitia FESDA 2021

Move on for Changes adalah tema yang disajikan dalam FESDA tahun ini. Ketika diwawancarai, sayyid Mawarid Khairul menyampaikan bahwa tema FESDA tahun ini dimaksudkan agar seluruh civitas akademika Universitas Darussalam Gontor dan mahasiswa khususnya diharapkan aktif berpartisipasi guna menambah imun dan terhindar dari dampak wabah ini. Di penghujung wawancara, sayyid Mawarid juga menyampaikan Pesan kepada seluruh peserta FESDA 2021 untuk bergerak, karena dalam pergerakan terdapat barokah.

Dalam pidatonya beliau menyampaikan bahwa acara FESDA ini bukanlah acara Akademik, namun mahasiswa bisa mendapatkan banyak pelajaran darinya. Banyak lomba yang telah disiapkan oleh segenap panitia untuk menguji kreatifitas dan mengembangkan bakat serta minat mahasiswa.

Ustadz Hamid Fahmi Zarkasyi menyampaikan pidatonya dalam upacara pembukaan FESDA

“Diharapakan dengan mengikuti kegiatan ini setiap orang selalu bergerak aktif agar jiwa, pikiran, dan masa dalam diri kita tetap hidup. Dengan olahraga kita dapat menyehatkan raga kita, Dengan olahrasa kita menghidupi rasa kemanusiaan kita, dan dengan olahpikir serta olahzikir kita dapat menghadirkan rasa ketenangan dan damai” pesan Ustadz Hamid Fahmi Zarkasyi kepada seluruh civitas akademika UNIDA Gontor.

Di akhir pidatonya, Bapak Rektor menyampaikan “we are the winner  of everything, Kita menang melawan semua masalah kita, Kita menang melawan diri sendiri.” Oleh karena itu mahasiswa diharapkan mampu berpartisipasi aktif mengikuti lomba dengan serius tetapi tetap berjiwa Ukhwah Islamiyah. (Red. Reza Kurniawan/Ed. Adrian Rizky Pratama)

Adrian

Adrian

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *