Universitas Darussalam Gontor

Fakultas Sains dan Teknologi Gelar Workshop Training Of Trainer Mendeley

UNIDA Gontor – Rabu, 15 November 2017, Fakultas Sain dan Teknologi Universitas Darussalam (UNIDA) Gontor menggelar Workshop Training of Trainer Mendeley Fakultas Sains dan Teknologi. Bertempat di Ruang Laboratorium Teknik Informatika kegiatan ini merupakan salah satu wadah untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam bidang informatika.

Kegiatan workshop ini diikuti oleh peserta Dosen dan Tenaga Kependidikan Fakultas Sains dan teknologi UNIDA Gontor. Dalam pelaksanaanya kegiatan Workshop ini terdiri dari pemaparan tentang aplikasi Mendeley serta sebagian besar praktek pemanfaatan aplikasi Mendeley, materi serta praktek diberikan dan dipandu oleh Lalu Ganda Rady Putra, M.Eng. Narasumber merupakan Advisor Mendeley. Acara berjalan dengan lancar serta menarik, hal ini tidak lepas dari kemampuan narasumber dalam menyampaikan materinya dengan baik dan menarik serta dukungan panitia yang selalu siap membantu apabila peserta workshop mengalami kesulitan. Hal yang tak kalah penting adalah dukungan fasilitas yang disediakan oleh pihak Fakultas Sains dan Teknologi UNIDA Gontor, sehingga masalah yang berkaitan dengan koneksi internet dapat diminimalisir. Materi yang diberikan dalam bentuk softfile sehingga peserta dapat mempelajari lebih lanjut secara mandiri. Beberapa materi yang diberikan anatara lain, pembuatan akun mendeley yang secara langsung digunakan untuk mengikuti workshop, pencarian artikel/book/jurnal menggunakan google scholar, DOI dan pembuatan sitasi menggunakan mendeley.

Adapun tujuan dilaksanakan kegiatan workshop ini adalah untuk meningkatakan kompetensi Dosen maupun Tenaga Kependidikan di lingkungan Universitas atau perguruan Tinggi di Ponorogo. Hasil yang dicapai setelah mengikuti kegiatan workshop TOT Mendeley antara lain bertambahnya pengetahuan/ kemampuan pengelolaan dokumen ilmiah secara lebih baik, kemampuan membuat sitasi menggunakan Mendeley secara lebih efektif.

Waktu yang singkat dalam pelaksanaan Workshop Mendeley yang hanya 5 jam saja belum cukup untuk mengetahui semua fitur yang ada dalam aplikasi mendeley secara optimal. Untuk itu, salah satu saran narasumber adalah untuk selalu belajar bagaimana memanfaatkan mendeley secara maksimal, semua masalah pengelolaan dokumen ilmiah menggunakan mendeley yang belum diketahui bisa dijadikan sebagai bahan untuk dipecahkan/dicari solusinya bersama-sama sehingga semua pihak bisa mendapatkan manfaatnya. Dan pelaksanaan workshop bisa dilakukan kembali di waktu yang akan disepakati bersama.

Hibatul Wafi

Hibatul Wafi

Leave a Replay