Universitas Darussalam Gontor

Doa kebahagiaan dunia akhirat rabbana atina gontor

Doa Nabi Ibrahim A.S.

Dalam surat Ibrahim Ayat 40, Nabi Ibrahim berdoa:

رَبِّ اجْعَلْنِي مُقِيمَ الصَّلَاةِ وَمِنْ ذُرِّيَّتِي ۚ رَبَّنَا وَتَقَبَّلْ دُعَاءِ

Rabbij’alnī muqīmaṣ-ṣalāti wa min żurriyyatī rabbanā wa taqabbal du’ā`

Artinya: “Ya Tuhanku, jadikanlah aku dan anak cucuku orang-orang yang tetap mendirikan shalat, ya Tuhan kami, perkenankanlah doaku.” (QS Ibrahim: 40)

Harapan agar diri kita dan anak-anak kita menjadi orang yang dapat mendirikan shalat, merupakan suatu harapan agar kita dapat bahagia di dunia dan akhirat. Karena bukankah Allah memerintahkan kita untuk meminta pertolongan dengan sabar dan shalat, dan bukankah shalat adalah amalan yang pertama kali dihisab? Dan jika anak kita sholeh, bukankah doanya akan terus mengalir meskipun kita telah meninggal?

Doa Nabi Yusuf A.S.

Di penghujung kisah Nabi Yusuf yang dikisahkan dengan begitu indah dalam surat Yusuf, terekam doa indah nabi Yusuf A.S. Doa itu adalah:

فَاطِرَ السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضِۗ اَنْتَ وَلِيّٖ فِى الدُّنْيَا وَالْاٰخِرَةِۚ تَوَفَّنِيْ مُسْلِمًا وَّاَلْحِقْنِيْ بِالصّٰلِحِيْنَ

fāṭiras-samāwāti wal-arḍ, anta waliyyī fid-dun-yā wal-ākhirah, tawaffanī muslimaw wa al-ḥiqnī biṣ-ṣāliḥīn

Artinya: “(Wahai Tuhan) pencipta langit dan bumi, Engkaulah pelindungku di dunia dan di akhirat, wafatkanlah aku dalam keadaan muslim dan gabungkanlah aku dengan orang yang saleh.”

Doa Kebahagiaan Dunia Akhirat Lainnya

Terdapat berbagai doa lainnya dalam al-Quran yang merupakan refleksi perwujudan harapan untuk dapat hidup bahagia baik selama hidup di dunia maupun akhirat. Antara lain…

Taufiq Affandi

Taufiq Affandi

Leave a Replay