Universitas Darussalam Gontor

Al-Muaskar Al-Araby Sebagai Sarana Pemantapan Skill Bahasa Arab Peserta Zona Bahasa

UNIDA Gontor – Direktorat Pengembangan Bahasa (DPB) UNIDA Gontor mengadakan kembali Al Mu’askar Al Araby (Perkemahan Bahasa) yang ketiga dengan tema “باللغة العربية نقبض الدنيا وما فيها” (Dengan Bahasa Arab Kita Menggenggam Dunia). Acara ini diadakan bekerjasama dengan Departemen Bahasa Dewan Mahasiswa (DEMA) UNIDA Gontor. Acara tersebut diadakan di gedung Siroh Nabawiyah UNIDA Gontor selama dua hari, yaitu Hari Kamis dan Jumat, 11-12 Maret 2021.

Dalam sambutan pembukaan Al Mua’skar Al ‘Araby, Al Ustadz Muhammad Wahyudi, M.Pd selaku  Direktur Direktorat Pengembangan Bahasa menyampaikan bahwasanya di dalam kegiatan mu’askar ini ada pelajaran penting, yaitu pendalaman tentang empat maharoh lughawiyyah  (kecakapan berbahasa), yaitu Maharotul Istima’, Maharotul Kalam, Maharotul Qiraah dan Maharotul Kitabah.

Tujuan diadakannya acara ini adalah untuk membentuk suasana milieu berbahasa Arab yang nyata. “Selain mendorong kemampuan kebahasaan, kegiatan ini juga menjadi salah satu wadah untuk menunjang nilai AKPAM peserta sebagai mahasiswa UNIDA Gontor, agar kegiatan yang telah diikuti mahasiswa memiliki nilai ukur dan ­ter-record dalam bentuk angka”, begitu ujar Al Ustadz Muhammad Wahyudi, M.Pd. sebagai kalimat khitam-nya pada malam penutupan Al Mu’askar Al Araby, Jum’at 12 Maret 2021.(Au: Al Ghifrani, Ed: Ria F.S.)

Ahmad Kali Akbar

Ahmad Kali Akbar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *