Universitas Darussalam Gontor

3 Alasan Harus Hadir Ahad ini (23 Juni 2019) di Islamic Center Samarinda

masjid islamic center samarinda - kaltim - masjid terbesar kedua di asia tenggara - giswaf - wakaf -

Ada ada acara besar yang akan hadir di Masjid Baitul Muttaqien, Islamic Center Samarinda pada hari Ahad ini, 23 Juni 2019, pukul 08.00 hingga 11.30. Acara itu adalah Gerakan Indonesia Sadar Wakaf (GISWAF) Perdana di Kaltim.

Kenapa harus hadir?

Setidaknya ada 3 alasan yang menyebabkan anda harus hadir dalam acara ini:

1. Merasakan Posisi Strategis Wakaf

Wakaf adalah salah satu kunci kekuatan ekonomi umat Islam dan bangsa Indonesia. Tidak tanggung-tanggung, acara ini didukung langsung oleh Universitas Darussalam Gontor (Unida Gontor), Bank Indonesia, Badan Wakaf Indonesia, Gubernur Kaltim, dan MUI Kaltim. Hadir pada acara ini dan melihat betapa besarnya semangat seluruh elemen yang tersebut di atas membuat kita dapat merasakan betapa strategisnya posisi dari wakaf.

2. Menghindari Beramal tanpa Ilmu

Saat ini, sudah semakin banyak ummat Islam yang bersemangat untuk memberikan sebagian hartanya untuk diwakafkan. Namun sayangnya, masih banyak yang belum mengetahui ilmu dari wakaf itu sendiri.

Lalu bagaimana jika anda berwakaf namun ternyata tidak sesuai dengan tuntunan syariah? Bagaimana jika wakaf tersebut menimbulkan polemik ataupun sengketa? Tentu tidak sataupun dari kita yang menginginkannya.

Maka dari itu, anda harus hadir dalam acara ini kita akan mendapat ilmu tentang:

  • Islamic Worldview dalam Harta dan Wakaf, oleh Dr. Hamid Fahmy Zarkasyi, M.Ed. M.Phil (ICAST – UNIDA Gontor)
  • Fiqh Wakaf Praktis (Dasar), oleh: Dr. Imam Kamaluddin, Lc. M.Hum (ICAST – UNIDA Gontor):
  • Regulasi Wakaf Nasional, oleh Dr Atabik luthfi (Badan Wakaf Indonesia):
  • Peran Wakaf terhadap Pengembangan Perekonomian Indonesia, oleh Bapak Dadang Muljawan (Bank Indonesia)

Berbagai ijtihad dan perkembangan terbaru tentang wakaf juga perlu kita bahas dan kita kaji. Salah satu pusat pengkajian tentang wakaf tersebut adalah International Centre for Awqaf Studies (ICAST) di Unida Gontor. Sekilas tentang lembaga ini juga akan kita ketahui dari pemaparan Ustadz Syahruddin, M.Sc. Fin.

Nah, jika kita berilmu, maka kita dapat beramal dengan lebih baik dan benar.

3. Membuat Keluarga Anda Paham tentang Wakaf

Dalam beberapa kesempatan, ada seseorang yang ingin mewakafkan sebagian hartanya namun ternyata ia mendapat pertentangan dari keluarganya sendiri. Kenapa ini terjadi? Bukankah si Fulan sudah paham tentang wakaf? Ya, si Fulan sudah paham, namun keluarganya belum paham.

Seringkali penolakan itu datang bukan karena keluarganya adalah orang yang pelit. Namun penolakan itu datang karena ketidakpahaman tentang apa itu wakaf sebenarnya.

Maka kesempatan ini merupakan kesempatan yang sangat baik bagi anda untuk mengajak keluarga anda ke Islamic Center Samarinda untuk menghadiri acara ini sehingga anda dan keluarga dapat memiliki kesamaan perspektif tentang apa itu wakaf.

Poster GISWAF Gerakan Indonesia Sadar Wakaf - ICAST International Centre for Awqaf Studies - University of Darussalam Gontor - Bank Indonesia - Badan Wakaf Indonesia - Pemprov Kaltim - MUI Kaltim
Poster GISWAF Gerakan Indonesia Sadar Wakaf, salah satu bentuk program dari ICAST International Centre for Awqaf Studies yang terselenggara dengan kerjasama University of Darussalam Gontor, Bank Indonesia, Badan Wakaf Indonesia, dengan tuan rumah Pemprov Kaltim dan MUI Kaltim

Nah, itu dia 3 alasan kenapa harus hadir dalam acara besar ini. Allah telah berjanji akan akan menaikkan derajat orang yang beriman dan berilmu, maka kini saatnya kita menambah keimanan dan keilmuan kita dengan mengikuti acara ini.

Sampai bertemu di Islamic Center Samarinda!

Taufiq Affandi

Taufiq Affandi

Leave a Replay