Workshop Karya Tulis Ilmiah Dengan Tema “Standarisasi Penulisan Sebuah Karya Tulis Ilmiah”

Workshop Karya Tulis Ilmiah Dengan Tema “Standarisasi Penulisan Sebuah Karya Tulis Ilmiah”

UNIDA Gontor – Himpunan Mahasiswa Prodi Hukum Ekonomi Syariah (HAMMER) Fakultas Syariah  Universitas Darussalam Gontor menginisiasi sebuah acara untuk membuat produktifitas mahasiswa semakin berkembang. Dan dengan acara itu dapat memotivasi mahasiswa menjadi anfa’uhum li an-naas. Yaitu dengan mengadakan sebuah Workshop Penulisan Karya Ilmiah yang bertemakan “Standarisasi Penulisan Sebuah Karya Ilmiah”.

Dalam setiap perkumpulan, Dr. Hamid Fahmi Zarkasyi selaku wakil rektor 1 Universitas Darussalam Gontor selalu mengingatkan kepada mahasiswanya akan 3 hal, yaitu; membaca, menulis, dan diskusi. Bagi beliau setiap mahasiswa harus memiliki ketiga skill tersebut. Karena ketiganya lah yang membedakan antara dunia mahasiswa dan dunia siswa.

Sehingga dengan 3 bekal tersebut, para mahasiswa dapat lebih mengoptimalisasikan dirinya menjadi lebih produktif, dan memiliki tujuan untuk menjadi khoirun an-naas, bahkan anfa’uhum li an-naas (bermanfaat bagi manusia).

Kegiatan yang bermanfaat ini diisi oleh Al-ustadz Annas Syams Rizal Fahmi, S.E.I., M.E. selaku pemateri pada workshop kali ini. Acara ini bertempat di Hall lantai 2 Markaz Sirah Nabawiyyah Universitas Darussalam Gontor, dilaksanakan pada tanggal 8 Oktober 2017. Acara ini dimulai pada pukul 13:00 WIB. Dan Alhamdulillah, dihadiri oleh 80 orang peserta dari lintas prodi yang ada di Universitas Darussalam Gontor.

Yang membuat acara ini lebih istimewa adalah, hadirnya Ketua Program Studi Hukum Ekonomi Syariah yaitu Al-ustadz Ahmad Muqorrobin, M.A. sekaligus memberikan sambutan, dan membuka acara pada siang hari ini.

Dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa “Kehidupan mahasiswa adalah dunia yang ilmiah, membaca tulisan, yaitu tulisan yang ilmiah, menulis pun menulis suatu karya yang ilmiah, berdiskusi dengan teman, berdiskusi akan sesuatu yang ilmiah, semuanya harus bisa dipertanggungjawabkan”. Diakhir sambutannya beliau menghimbau kepada seluruh peserta untuk bisa menyimak, dan mengikuti acara ini dengan baik, dari awal sampai akhir. Dan besar harapan bagi beliau kepada seluruh peserta untuk berani menulis, dan berani berkarya setelah mengikuti acara ini. Tandas beliau.

Tujuan kegiatan yang diprakarsai oleh Himpunan Mahasiswa Prodi Hukum Ekonomi Syariah ini tidak lain hanya untuk menanamkan, dan membangkitkan kembali keterampilan mahasiswa dalam menulis. Sehingga dari tulisan yang mereka buat, dapat dibaca oleh orang lain dan menghadirkan kemanfaatan yang banyak bagi seluruh umat manusia. Dan tujuan acara ini ditekankan kembali oleh pemateri Al-ustadz Annas Syams ditengah pemaparan materinya dengan sebuah ungkapan “ketika kalian berfikir itu hanya bisa kalian baca dan rasakan sendiri, namun ketika kalian menulis, maka tulisan kalian akan dibaca oleh orang lain, dan manfaatnya pun akan dirasakan oleh orang lain bukan hanya kalian sendiri”.Ujarnya.

Vikri Pramana Putra selaku event organizer sangat bersyukur karena acara ini dapat berjalan dengan lancar, dan khidmat. Dalam wawancaranya pun dia mengajak kepada seluruh para peserta untuk senantiasa berusaha menulis dengan baik dan berdoa supaya tulisan yang kita buat menghadirkan kemanfaatan bagi orang banyak. Dan dengan itu dapat menjadikan kita manusia yang anfa’uhum li an-naas sebagaimana tujuan yang dicanangkan oleh Fahreza Mufti Annur selaku ketua Himpunan Mahasiswa Prodi Hukum Ekonomi Syariah dalam menginisiasi acara ini.

Akhir kata, seluruh panitia turut berterimakasih kepada seluruh civitas yang berkecimpung, dan memiliki andil dalam mensukseskan acara ini. Semoga apa yang kita kerjakan tidak lain hanya untuk mengharapkan keridhoan-Nya (ibtighooan mardhaatillah), dan meninggikan asma-Nya (li’ilaai kalimatillah).[Vikri Pramana Putra]

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *