Universitas Zagreb Kroasia Buka Pintu untuk Publikasi Ilmiah Internasional

Universitas Zagreb Kroasia Buka Pintu untuk Publikasi Ilmiah Internasional

Prof Robert Mikac, Profesor pada Fakultas Ilmu Politik, Universitas Zagreb Kroasia menyampaikan bahwa kesempatan bagi akademisi dari Universitas Darussalam Gontor dan berbagai universitas lainnya di Indonesia terbuka lebar untuk mempublikasikan karyanya pada berbagai jurnal ilmiah yang dimiliki oleh Fakultas Ilmu Politik Universitas Zagreb.

Hal tersebut disampaikan pada courtesy visit yang dilakukan oleh utusan Universitas Darussalam Gontor (UNIDA Gontor), M. Taufiq Affandi, M.Sc., beserta perwakilan KBRI Zagreb, Bpk Henry Soratangsu dan Ibu Arie Fitria ke kampus Fakultas Ilmu Politik, Universitas Zagreb, Kroasia, Rabu (29 Mei 2019).

Dalam kunjungan tersebut, rombongan disambut dengan hangat oleh Prof. Robert Mikac serta Asst. Prof. Đana Luša.

“Kami memahami bahwa publikasi internasional adalah kebutuhan setiap akademisi dan lembaga pendidikan tinggi,” lanjut Prof Mikac. Dalam kesempatan itu, Asst. Prof. Đana Luša menyerahkan 2 buah jurnal Croatian Political science Review.

Pererat Kerja Sama Kroasia dan Indonesia

Mendengar kabar tersebut, di Indonesia, Dr. Mohamad Latief, kepala Program Studi Hubungan Internasional, Fakultas Humaniora, Universitas Darussalam Gontor, menyambut positif kesempatan tersebut.

Dalam kesempatan terpisah, Duta Besar Republik Indonesia untuk Kroasia, Y.M. Bapak Sjachroedin Z. Pagaralam menyampaikan dukungan yang sebesar-besarnya untuk berbagai bentuk kerja sama strategis antara kedua negara, dan terlebih khusus lagi dalam bidang ilmu pengetahuan dan budaya.

Kedatangan utusan dari Universitas Darussalam Gontor ke Kroasia ini, selain mengunjungi Universitas Zagreb, juga melakukan Safari Ramadhan ke berbagai masjid, serta mengisi kegiatan Pesantren Kilat yang diikuti Staf KBRI dan WNI di Kroasia dan sekitarnya.

“Kegiatan ini merupakan salah satu hasil kerja sama antara Universitas Darussalam Gontor dengan Kementrian Luar Negeri RI, yang dalam hal ini ditindaklanjuti oleh KBRI Zagreb,” tutur Ust Jabal Alamsyah, pengurus Markaz Dakwah Nasional dan Internasional (MADANI), Universitas Darussalam Gontor.

Kerja sama Universitas Zagreb dan Universitas Darussalam Gontor

“Fakultas Ilmu Politik Universitas Zagreb saat ini memiliki dua program studi, yaitu Ilmu politik serta jurnalistik,” lanjut Prof Mikac. Hal ini serupa dengan Fakultas Humaniora Universitas Darussalam Gontor yang memiliki dua program studi; Hubungan Internasional serta Ilmu Komunikasi.

Utusan dari Universitas Darussalam Gontor, M. Taufiq Affandi, M.Sc., menyampaikan bahwa secara historis dan geografis, posisi Kroasia sangatlah penting. Untuk itu, menjalin kerja sama dalam berbagai bidang dengan University of Zagreb menjadi sangat penting.

“Publikasi ilmiah ini akan menjadi gerbang untuk berbagai kerja sama akademis berikutnya antara kedua universitas khususnya, antara kedua negara umumnya,” lanjutnya.

Bagi Universitas Zagreb dan Universitas Darussalam Gontor, pertemuan ini sendiri bukanlah interaksi yang pertama. “Sebelumnya Prof Robert Mikac telah mengunjungi dan memberikan kuliah umum di Universitas Darussalam Gontor,” papar Bpk Henry Soratangsu.

(Berita kuliah umum Prof Robert Mikac di Universitas Darussalam Gontor dapat dilihat di sini: http://unida.gontor.ac.id/kunjungan-robert-mikac-dari-kroasia-membawa-misi-perdamaian/)


Mahasiswa Indonesia di Kroasia

“Universitas Zagreb saat ini memiliki 55 ribu mahasiswa dari berbagai negara. Banyaknya mahasiswa asing yang belajar di tempat kami adalah karena adanya berbagai beasiswa seperti Erasmus maupun dari negara asal mereka yang memungkinkan mereka belajar di sini,” papar Prof Mikac.

Selain dalam bahasa Kroasia, Fakultas Ilmu Politik Universitas Zagreb juga menawarkan beberapa mata kuliah yang disampaikan dalam bahasa Inggris. (Daftar mata kuliah berbahasa Inggris dapat dilihat di sini: https://www.fpzg.unizg.hr/en/in/courses_in_english)

Terkait kerja sama antara Universitas Zagreb dan universitas di Indonesia, Ibu Arie Fitria dari KBRI Zagreb menjelaskan bahwa dalam waktu dekat ini (23-30 Juni 2019) akan diadakan Joint Summer School yang merupakan kerja sama Universitas Zagreb, Universitas Vern, serta Universitas Lampung.

Di Universitas Zagreb, saat ini terdapat 3 pelajar Indonesia yang sedang menimba ilmu. Mereka adalah Adi Nurhadiyatna (S3 di Faculty of Electrical Engineering and Computing, Jurusan Ilmu Komputer); Khoirul Anwar (S2 di Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Jurusan Biologi); dan Astri Wening Perwitasari (S2 di Fakultas Ekonomi dan Manajemen).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *