UNIDA Gontor Tebar Daging Qurban ke Masyarakat Desa Sekitar Kampus

UNIDA Gontor Tebar Daging Qurban ke Masyarakat Desa Sekitar Kampus

UNIDA Gontor – Hari Raya Idul Adha merupakan hari yang ditunggu-tunggu Umat Islam di dunia. Tak terkecuali, di Universitas Darussalam (UNIDA) Gontor. Usai laksanakan Ibadah Shalat Idul Adha, Panitia Qurban Idul Adha 1438 H  lakukan penyebaran daging  qurban ke beberapa lokasi yang telah ditentukan, kegiatan penyebaran daging qurban ini berlangsung selama tiga hari dari hari Jum’at sampai Ahad ( 1-3/09/ 2017 ).

Adapun untuk penyembelihan hewan qurban di laksanakan di Kampus UNIDA Gontor sedangkan pendistribusiannya disalurkan ke Dosen, Mahasiswa, Tenaga Kerja, Karyawan UNIDA Gontor, Bakti Sosial di Kec. Jenangan, Instasi Pemerintah di Ponorogo, Guru TPQ Binaan, dan  masyarakat desa sekitar kampus.

Dosen & Mahasiswa telibat langsung dalam proses pengurusan hewan qurban, penyembelihan, pengulitan, maupun pendistribusian

Kegiatan penyembelihan hewan qurban ini melibatkan seluruh Dosen & Mahasiswa UNIDA Gontor. Ketua Panitia Qurban UNIDA Gontor Annas Syams Rizal Fahmi, S.E.I, M.E, mengatakan bahwa “Penyembelihan seluruh hewan qurban pada tahun ini ditargetkan dalam waktu tiga hari sudah selesai, baik yang bertugas dibagian pengulitan, penimbangan maupun pendistribusian sudah mencapai targetnya, sehingga kita sebagi panitia kerja lilah, tuntas dan rapi ” ujarnya.

Masih menurut Dosen UNIDA Gontor ini, seperti tahun sebelumnya, tahun ini kita diberi amanat oleh Global Qurban Aksi Cepat Tanggap (ACT) untuk menyembelih 100 ekor kambing. Jumlah kambing yang kami terima tahun ini lebih banyak dari tahun sebelumnya.

“Berbeda pada tahun sebelumnya, tahun ini mahasiswa mengadakan acara sate daging qurban bersama, baik dari semester 1 – 7, pascasarjana, peserta pku maupun staff  UNIDA Gontor yang dikoordinir oleh panitia qurban kepada tiap-tiap penanggung jawabnya,” tambah Indra Ari Fajari selaku panitia qurban.

Di lain tempat, Staff Biro Administrasi Penunjang Akademik Kemahasiswaan (BAPAK) Azhar Nor, S.Pd. mengatakan, pembagian daging hewan qurban akan dilakukan dengan sistim mengantarkan ke rumah-rumah warga. “Kami meminta data penerima daging qurban dari aparat desa setempat,” ujarnya.

Pada Idul Adha tahun ini UNIDA Gontor menyembelih 121 ekor hewan qurban. Terdiri dari 10 ekor sapi, dan 111 ekor kambing. Seluruh hewan kurban tersebut adalah titipan dari Dosen, Mahasiswa, Keluarga Trimurti Pendiri Pondok dan 100 ekor kambing dari Global Qurban Aksi Cepat Tanggap (ACT) yang mepercayakan penyembelihan hewan qurbannya kepada Panitia Qurban Idul Adha 1438 H UNIDA Gontor.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *