UNIDA Gontor Memulai Model Pembelajaran Bahasa Arab Online

UNIDA Gontor Memulai Model Pembelajaran Bahasa Arab Online

Universitas Darussalam Gontor merupakan perguruan tinggi Islam yang didirikan oleh Pondok Modern Darussalam Gontor. Sejak awal berdiri, pada tahun 1926, Pondok Modern Darussalam Gontor selalu berkomitmen untuk mengembangkan bahasa internasional yaitu bahasa Arab dan Inggris. Pembelajaran kedua bahasa tersebut selalu diintegrasikan di setiap kehidupan pondok.

Karena UNIDA Gontor adalah perguruan tinggi berbasis pesantren yang berafiliasi dengan pondok Darussalam Gontor maka salah satu perhatian besarnya juga terpusat pada pengembangan bahasa Arab. Dan untuk mengajarkan bahasa arab kepada seluruh mahasiswa UNIDA Gontor, maka kurikulum yang dibuat pun selalu berbasis pada penerapan bahasa arab.

Hal tersebut telah diterapkan dalam model pembelajaran mata kuliah yang disampaikan dengan bahasa pengantar bahasa arab. Selain itu, semua kegiatan ekstrakurikuler di UNIDA Gontor juga selalu menggunakan bahasa arab sebagai wujud konsistensi dalam mengembangkan bahasa arab.

Seiring berkembangnya dunia teknologi, khususnya teknologi berbasis internet, maka UNIDA Gontor dituntut untuk selalu memperbaharui metode pembelajaran bahasa arab. Dan salah satu model pembelajaran bahasa arab yang sedang dikerjakan saat ini adalah pembelajaran bahasa arab berbasis website dan aplikasi android.

Untuk mewujudkan model pembelajaran yang baru tersebut, Lembaga Bahasa UNIDA Gontor menggandeng tim designer website khusus untuk merancang model pembelajaran bahasa arab online. Dalam program ini UNIDA Gontor akan mencoba untuk mengonsep buku ajar Durus al-Lughah dalam bentuk online. Harapannya adalah agar masyarakat yang ingin belajar bahasa arab akan dimudahkan dengan adanya model pembelajaran bahasa arab online ini.

1 Comment

  • Assalamualaikum .. bagaimana caranya untuk mengambil kursus bahasa arab di sana yee ?? Apa proses yg perlu dilalui untuk belajar di sana ?? Terima kasih ..

    nur muttaqin bin ahadun Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *