UNIDA GONTOR Menuju Akreditasi Jurnal Nasional Dan Internasional

UNIDA GONTOR Menuju Akreditasi Jurnal Nasional Dan Internasional

Musyawarah Nasional Relawan Jurnal Indonesia (RJI) dimaksudkan untuk mengukuhkan diri sebagai perkumpulan Relawan Jurnal Indonesia dengan susunan kepengurusan yang definitif dan memiliki akta pendirian / berbadan hukum tetap. RJI melakukan aktivitasnya dengan cara membantu memberikan pendampingan secara gratis bagi para pengelola jurnal di seluruh Indonesia dalam hal pengelolaan jurnal dari printed based menuju electronic based. RJI beranggotakan lebih dari 500 pengelola jurnal yang tersebar di berbagai perguruan tinggi dan lembaga.

Pendampingan yang telah dilakukan oleh RJI yaitu, melalui media sosial, datang langsung ke masing-masing home base jurnal dan juga melakukan beberapa workshop rutin mingguan. Munas RJI yang diselenggarakan pada tanggal 6 -7 Desember 2016 tersebut sekaligus dimaksudkan untuk (1) sosialisasi transformasi pengelolaan jurnal elektronik, (2) menyamakan persepsi bagi para pengelola jurnal elektronik tentang pengelolaan jurnal secara baik dan benar sesuai dengan standar yang telah ditetapkan oleh pemerintah, (3) menambah wawasan yang lebih komprehensif bagi para pengelola jurnal pada bidang publikasi ilmiah, (4) membangun komitmen bersama para pengelola jurnal untuk meningkatkan kuantitas dan kualitas publikasi ilmiah di Indonesia.

Munas RJI sekaligus Workshop Open Journal System menghadirkan pemateri yang sangat kredibel di bidang pengelolaan jurnal, diantaranya adalah Muhammad Azwar (Indonesia One Search Perpusnas dan Mendeley Advisor), Danny Kurnianto (Editor In Chief INFOTEL), Mochamad Tanzil Multazam (Editor in Chief at Rechtsidee dan Mendeley Advisor), Dadan R.S. (IT Support MEV Journal), Andri Pranolo (Managing Editor IJAIN dan Assoc. Editor DOAJ), Jaka Sriyana (Editor in Chief, Economic Journal of Emerging Markets), Dwi Janto Suandaru, Prof. Dr. Sudibyakto, M.Sc. (Editor in Chief International Journal of Geografi – UGM), Dr. Lukman, ST, M. Hum (LIPI), Dr. Sadjuga, M.Sc. (Direktur Pengelolaan Hak Kekayaan Intelektual, Ristek Dikti).

Dengan mengusung tema “Mewujudkan Pengelolaan Jurnal Ilmiah Secara Elektronik yang Berkualitas dan Bereputasi” dan tagline “Berbagi, Giatkan Publikasi” diharapkan kegiatan ini mampu membangun komitmen bersama para pengelola jurnal untuk meningkatkan kuantitas dan kualitas publikasi ilmiah di Indonesia.

Dengan mengirimkan perwakilan dari devisi publikasi LP3M UNIDA Gontor dalam kegiatan tersebut telah memberikan banyak pengetahuan dan wawasan tentang publikasi jurnal ilmiah. Banyak maanfaat yang diperoleh dalam keterlibatan UNIDA Gontor pada kegiatan ini diantaranya adalah memperkenalkan jurnal yang ada di UNIDA Gontor kepada perguruan tinggi dan instansi lain, dan menjadi sebuah kebanggan sebab UNIDA Gontor telah memiliki Tsaqofah yang merupakan jurnal terakreditasi.

Bergabungnya UNIDA Gontor dalam RJI diharapkan mampu memberikan manfaat dalam mengawal jurnal yang telah ada dalam UNIDA Gontor yang berkualitas dan kedepannya terjalin kerja sama antar pengelola jurnal dalam pengeloalaan jurnal ilmiah menuju jurnal terakreditasi dan terindeks internasional dan juga kerja sama antar pengelola jurnal dalam hal saling mengisi artikel ilmiah pada jurnal yang relevan dengan bidang keilmuan.[]

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *