Pelepasan Delegasi UNIDA Gontor Dalam Acara Festival Jazirah Arab 2015

Pelepasan Delegasi UNIDA Gontor Dalam Acara Festival Jazirah Arab 2015

Festival Jazirah Arab (FJA) adalah agenda tahunan yang diselenggarakan oleh jurusan Bahasa dan Sastra Arab (BSA) Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang. Universitas Darussalam (UNIDA) Gontor setiap tahun selalu berperan aktif dalam acara tersebut. Tidak terkecuali pada tahun ini pun UNIDA Gontor kembali mengutus delegasi untuk mengikuti perlombaan pada acara Festival Jazirah Arab.

Pada Festival Jazirah Arab tahun ini mengusung tema “Membumikan Nilai Bahasa dan Sastra Arab Menuju Indonesia Beradab”. Acara tersebut dilaksanakan mulai tanggal 9 – 29 November 2015 dan bertempat di UIN Maliki Malang.

Acara ini termasuk acara yang besar karena melibatkan mahasiswa dari berbagai jurusan di berbagai Universitas di Indonesia. Hanya saja perlombaan yang diagendakan bertema bahasa Arab yang ditujukan untuk mahasiswa dan umum.

Menyikapi agenda tersebut Universitas Darussalam Gontor kembali mendelegasikan mahasiswa untuk turut aktif di festival tersebut. Rombongan mahasiswa yang diutus kali ini sebanyak 9 orang. Adapun perlombaan yang diikuti adalah lomba Pidato,  Debat Bahasa Arab, Ghina’ Arabi, Essay Bahasa Arab, Puisi Bahasa Arab, Kaligrafi, dan Musabaqah Qira’atil Kutub (MQK).

Delegasi mahasiswa dilepas secara resmi oleh Prof. Dr. Amal Fathullah Zarkasyi, M.A., (Rektor Universitas Darussalam Gontor) di kantor Rektorat. Beliau berpesan bahwa “Mahasiswa yang dikirim mengikuti Festival Jazirah Arab adalah perwakilan dari UNIDA Gontor, maka seluruh persiapan jasmani, rohani dan materi lomba harus disiapkan semaksimal mungkin. Seluruh peserta harus benar-benar menguasai apa yang akan dilombakan”.

Beliau menambahkan, “Keikutsertaan para mahasiswa dalam perlombaan ini adalah bentuk lain dari perkuliahan. Artinya mahasiswa masih dianggap mengikuti perkuliahan secara aktif dan bukan ghaib, sebab mereka mewakili Universitas dalam acara tersebut”.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *