UNIDA Gontor Mendirikan Unit Usaha dalam Kampus

UNIDA Gontor Mendirikan Unit Usaha dalam Kampus

Salah satu prinsip ekonomi yang dikembangkan oleh UNIDA Gontor adalah ekonomi proteksi. Prinsip tersebut bertujuan untuk melindungi perputaran keuangan secara internal. Sehingga keuangan yang selalu berputar di dalam lingkungan kampus dapat dimanfaatkan untuk kepentingan kampus itu sendiri. Untuk mewujudkan sistem ekonomi seperti ini pihak UNIDA Gontor mendirikan unit usaha yaitu Unit Usaha UNIDA (U3).

Unit usaha yang terletak di lantai dasar gedung Pascasarjana tersebut memiliki konsep yang sangat unik. Misalnya, unit usaha UNIDA tidak hanya menyediakan makanan ringan. Lebih dari itu, unit usaha UNIDA juga menyediakan aneka kebutuhan mahasiswa seperti peralatan kuliah, peralatan olah raga, kebutuhan sehari-hari, laundry, photo copy, toko buku, dan lain sebagainya.

Selain kebutuhan pokok di atas, unit usaha yang terdapat dalam tiga lantai tersebut juga menyediakan makanan serta minuman layaknya mini resto. Dengan mengusung desain ruangan yang elegant unit usaha UNIDA ini berharap mampu menarik minat seluruh civitas akademika yang tinggal di UNIDA untuk berbelanja di tempat tersebut.

Unit usaha UNIDA memiliki tempat yang sangat strategis. Dengan adanya sistem asrama untuk mahasiswa maka unit usaha unida selalu berusaha menjadi pusat perbelanjaan yang mampu menyediakan segala kebutuhan mahasiswa dan dosen. Tujuannya adalah agar terjadi perputaran uang yang berada di dalam kampus sehingga keuntungan dari hasil usaha tersebut dapat digunakan untuk melengkapi sarana dan prasarana mahasiswa.

UNIDA Gontor merupakan universitas yang mengintegrasikan sistem pendidikan berasrama. Seluruh mahasiswa dan dosen UNIDA Gontor wajib tinggal di dalam lingkungan universitas. Sebab, hal itu merupakan sistem yang telah diterapkan oleh Pondok Modern Darussalam Gontor sebagai Pondok Pesantren yang mendirikan Universitas Darussalam Gontor.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *