Universitas Darussalam Gontor

UNIDA Gontor Jalani Asesmen Lapangan Akreditasi Institusi Perguruan Tinggi (AL AIPT)

akreditasi UNIDA

Rabu, 18 November 2020 – Universitas Darussalam (UNIDA) Gontor menjalani akreditasi perguruan tinggi yang diadakan secara daring antara tim kampus UNIDA Gontor dan tim akreditasi perguruan tinggi. Rektor UNIDA Gontor Prof. Dr. KH. Amal Fathullah Zarkasyi, M.A bersama wakil-wakil rektor dan segenap dosen mengikuti rentetan agenda akreditasi perguruan tinggi secara daring dengan menggunakan aplikasi zoom yang berlangsung di hall senat kampus.

Pada sesi pertama, berbagai pertanyaan yang bersangkutan dengan visi, misi, kurikulum, Sumber Daya Manusia (SDM), kegiatan kesantrian dan lain sebaginya dilontarkan oleh tim akreditasi perguruan tinggi kepada pihak kampus UNIDA Gontor untuk mengetahui sejauh mana kampus ini melangkah, serta seberapa banyak prestasi-prestasi yang diraih oleh kampus dalam bidang akademik dan non akademik.

agenda akreditasi kampus UNIDA sedang berlangsung di ruang Hall Senat gedung terpadu lantai 2

Dokumen – dokumen penunjang yang berupa surat keterangan dan sertifikat juga diminta serta ditunjukkan kepada tim akreditasi perguruan tinggi sebagai bukti tertulis tentang berbagai macam kegiatan yang telah dilakukan oleh UNIDA Gontor. Hal ini dapat menjadi bukti bahwa kampus UNIDA Gontor merupakan perguruan tinggi yang bermutu dan berarti serta mampu menjadi pusat pengembangan ilmu pengetahuan yang berorientasi pada islamisasi ilmu pengetahuan kontemporer dan sebagai pusat kajian bahasa Al-Qur’an untuk kemaslahatan umat.

Pada sesi kedua, diadakan pengecekan data dan dokumen-dokumen kampus UNIDA Gontor oleh tim akreditasi perguruan tinggi. Adapun data yang diminta oleh tim akreditasi perguruan tinggi berupa data jumlah mahasiswa keseluruhan, mahasiswa aktif, mahasiswa asing dan jumlah dosen serta data-data yang berkaitan dengan penelitian kampus dan data keuangan UNIDA Gontor.

Di tengah  sesi agenda akreditasi perguruan tinggi, ada beberapa hal yang disinggung oleh pihak penyelenggara akreditasi perguruan tinggi mengenai penurunan angka mahasiswa ataupun mahasiswi secara drastis UNIDA Gontor dari tahun pertama ke tahun kedua. Fenomena tersebut dapat dijawab oleh pihak kampus UNIDA Gontor dengan menyatakan bahwa faktor penyebab penurunan jumlah mahasiswa dari tahun pertama ke tahun kedua adalah tidak terpenuhinya persyaratan akademik maupun non akademik oleh mahasiswa ataupun mahasiswi tersebut.

Segala upaya telah dilakukan oleh segenap dosen dan mahasiswa UNIDA Gontor demi terwujudnya visi dan misi perguruan tinggi pesantren UNIDA Gontor hingga terlaksananya akreditasi perguruan tinggi. Kini hasil keringat akan terbayar dengan menunggu pencapaian akhir yang terbaik dari apa yang diusahakan selama ini. (Karumiadri/Ed. Adrian Rizky Pratama)

Adrian

Adrian

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *