UNIDA Gontor Ikuti International Islamic Education Expo 2017 di ICE BSD City

UNIDA Gontor Ikuti International Islamic Education Expo 2017 di ICE BSD City

Tangerang – Acara International Islamic Education Expo (IIEE) merupakan acara pameran pendidikan terbesar yang diadakan oleh Pendidikan Islam Kementerian Agama Republik Indonesia. Acara ini dihadiri oleh seluruh universitas Islam baik swasta maupun negeri dari seluruh Indonesia, dan tidak ketinggalan juga beberapa universitas ternama di Asia, Eropa, dan Australia. Selain diikuti oleh berbagai universitas, acara IIEE juga diikuti oleh beberapa pondok pesantren seluruh Indonesia yang berada di bawah naungan Kemenag RI. Acara IIEE ini berlangsung di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD City, Tangerang mulai tanggal 21 hingga 24 November 2017.

“International Islamic Education Expo ini merupakan acara pameran pendidikan Islam pertama dan terbesar yang diadakan oleh Kementerian Agama. Diharapkan dengan diadakan acara ini, dapat menambah destinasi wisata baru berupa pameran internasional pendidikan Islam dan dapat memperkenalkan kekhasan pendidikan Islam di Indonesia pada dunia.” Ujar Lukman Hakim Saifuddin, Menteri Agama RI dalam sambutan pembukaan IIEE di Gedung Nusantara ICE BSD City kemarin (21/11).

International Islamic Education EXPO 2017

Salah satu rangkaian pembukaan acara IIEE ini adalah diadakannya Deklarasi Serpong yang diikuti oleh beberapa ormas, pondok pesantren, dan universitas Islam di Indonesia. Di antara peserta deklarasi adalah Muhammadiyah, Nahdhatul Ulama’, Persis, Mathlaul Anwar, Hidayatullah, Alkhairat, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, UIN Sunan Ampel Surabaya, dan perwakilan pondok pesantren. Adapun isi dari Deklarasi Serpong, yaitu, pertama, setia mengamalkan sekaligus menggaungkan nilai-nilai Islam Wasathiyyah yang rahmatan lil ‘alamin. Kedua,  menjunjung tinggi nilai ketuhanan, mengedepankan martabat kemanusiaan, merajut persatuan,  merawat kebersamaan, dan memperdulikan keadilan sosial dalam membangun peradaban. Ketiga, menolak setiap penyalahgunaan agama untuk kepentingan yang tidak sesuai watak dasar dan tujuan agama itu sendiri. Keempat adalah mengajak seluruh elemen bangsa untuk memajukan pendidikan Islam sebagai solusi bagi tantangan zaman, sarana mewujudkan perdamaian dunia, dan upaya meningkatkan maslahat bagi umat manusia.

Dalam acara IIEE ini, Universitas Darussalam Gontor menjadi salah satu utusan dari Kopertais wilayah IV Jawa Timur  sebagai peserta yang ikut memeriahkan acara ini dengan menugaskan Moh. Alwi Yusron, M.A dan Aufa Alfian Musthofa M.A untuk mengikuti pameran intenasional pendidikan Islam. UNIDA Gontor memamerkan buku-buku karya dosen UNIDA Gontor yang diterbitkan oleh UNIDA Gontor Press, jurnal-jurnal yang diterbitkan oleh masing-masing prodi dan fakultas di UNIDA Gontor, Jurnal Tsaqafah, video tentang UNIDA Gontor hasil karya mahasiswa dan pernak-pernik UNIDA Gontor, seperti mug, pin, gantungan kunci, cinderamata, profil UNIDA Gontor, vandel, dan lain sebagainya.

Dengan mengikuti International Islamic Education EXPO 2017  UNIDA Gontor telah  ikut  berkontribusi dalam meningkatkan kualitas dan mutu pendidikan perguruan tinggi Islam di Indonesia. Kemudian diharapkan dapat menjadi sarana syiar dan lebih memperkenalkan UNIDA Gontor dan Pondok Modern Darussalam Gontor.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *