UNIDA Gontor Berduka, Wakil Rektor III Dr. Dihyatun Masqon Meninggal Dunia

UNIDA Gontor Berduka, Wakil Rektor III Dr. Dihyatun Masqon Meninggal Dunia

UNIDA Gontor – Kesedihan yang mendera keluarga besar Universitas Darussalam (UNIDA) Gontor dan Pondok Modern Darussalam Gontor (PMDG) semakin terasa. Wakil Rektor III UNIDA Gontor, Dr Dihyatun Masqon, menghembuskan nafas terakhirnya di RSPAD Gatot Subroto, Jakarta, pada hari Rabu (28/2) Pukul 09.45 WIB.

Beliau wafat dalam usianya yang ke 60 tahun 8 bulan, disebabkan komplikasi penyakit yang diderita selama kurang lebih 5 bulan ini. Beliau dimakamkan di Pemakaman keluarga Trimurti PMDG setelah sebelumnya dibawa ke PMDG Putri Kampus 1, Kampus Pusat UNIDA Gontor, Rumah Pimpinan, dan Masjid Jami’ PMDG untuk disemayamkan dan dishalatkan oleh para santri dan mahasiswa.

“Kami UNIDA Gontor Khususnya dan Pondok sangat merasa kehilangan dengan wafatnya beliau bahkan kami mendapatkan sms dari Mesir (Robitoh ‘Alamil Islamy), Pakistan, Malaysia, Brunei dan seluruh alumni yang ada di dunia ini mengucapkan takziyah dan merasakan getaran atas perginya Dr. Dihyatun Masqon” demikian ucap Prof. Dr. KH. Amal Fathullah Zarkasyi saat menyampaikan prakata dari pihak keluarga besar UNIDA Gontor sebelum mensholatkan almarhum di Masjid Jami’ PMDG.

Almarhum Dr. Dihyatun Masqon, MA., adalah putra terbaik yang dimiliki PMDG dan UNIDA Gontor, beliau pakar dalam bidang Bahasa Arab dan Peradaban. Setelah lulus dari KMI Gontor, menempuh pendidikan tinggi di sejumlah Negara. Diantaranya di Universitas Islam Madinah, Universitas of The Pundjab, Pakistan, Universitas Al Azhar Cairo Mesir dan terakhir di Millia Islamic Universitasity, New Delhi, India.

Dr. Dihyatun Masqon, MA., adalah suami Roshda Diana, Lc., M.A. putri Alamarhum KH. Imam Subakir Ahmad yang pernah menjadi Pembantu Rektor I Institut Studi Islam Darrussalam (ISID). Beliau berasal dari Kendal Jawa Tengah,  Almarhum Dr. Dihyatun Masqon, MA., dalam setiap tutur katanya senantiasa lembut, tunggi budi pekertinya. Fasih berbicara dan menulis dalam bahasa Arab, Inggris bahkan India (Urdu), serta sejumlah bahasa asing lainnya. [HW]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *