Unida Gontor Akan Kembangkan Pembelajaran Bahasa Arab Digital

Unida Gontor Akan Kembangkan Pembelajaran Bahasa Arab Digital

UNIDA Gontor – Memasuki dunia digital, UNIDA Gontor mencanangkan pengembangan pembelajaran bahasa Arab dengan memanfaatkan ribuan materi ajar digital berbahasa Arab.

Sebagai salah satu Lembaga pendidikan Islam yang yang berkomitmen kepada Bahasa Arab dan pengembangannya, Universitas Darussalam Gontor selalu berusaha mengikuti perkembangan bahasa Arab dan ikut andil dalam mengembangkan pembelajaran Bahasa Arab. Untuk itu Program Studi PBA sebagai Prodi yang concern dalam mengembangkan bahasa Arab di Lingkup UNIDA Gontor senantiasa mencari inovasi terbaru sesuai dengan perkembangan zaman dan teknologi.

Salah satu langkah inovasi tersebut adalah pelaksanaan kerjasama melalui Memorandum of Understanding (MoU) dengan Universitas Elektronik Saudi (The Saudi Electronic University) mengenai pembelajaran Bahasa Arab digital. Kerjasama ini merupakan wujud nyata upaya pengembangan pembelajaran Bahasa Arab digital yang dimediasi oleh Ittihadu Mudarrisi al-Lughoh al-Arabiyah (IMLA) sebagai organisasi profesi para pengajar Bahasa Arab di Indonesia.

Menurut Ketua Umum IMLA, Prof. Dr. Imam Asrori, M.Pd, kerjasama ini merupakan hal yang sangat membanggakan bagi perkembangan pembelajaran Bahasa Arab di Indonesia. Hal itu dikarenakan, Universitas Elektronik Saudi (The Saudi Electronic University) telah memiliki program bahasa Arab digital yang memiliki 796 video pembelajaran bahasa Arab interaktif, 12.000 file mp3, dan 6.320 gambar, serta ribuan latihan pembelajaran bahasa Arab praktis.

Senada dengan hal itu, Rektor UNIDA Gontor, Prof. Dr. Amal Fathullah Zarkasyi, MA, sangat mengapresiasi kerjasama ini dan berharap kerjasama ini akan semakin menguatkan pembelajaran bahasa Arab yang telah diterapkan di lingkup UNIDA Gontor. “Pembelajaran bahasa Arab digital ini nanti tidak hanya bermanfaat secara aplikatif bagi mahasiswa prodi PBA UNIDA Gontor semata, tetapi juga bagi seluruh mahasiswa UNIDA Gonto,” papar beliau.

Sebagaimana yang telah diketahui  UNIDA Gontor dari semenjak berdiri tahun 1963, telah mencanangkan bahasa Arab sebagai bahasa pengantar perkuliahan dan semua skripsi atau tugas akhir ditulis dalam bahasa Arab.

Penandatanganan MoU antara UNIDA Gontor dengan Universitas Elektronik Saudi (The Saudi Electronic University) tersebut akan dilaksanakan di Universitas Negeri Malang pada hari Jumat tangal 28 September 2018 mendatang dan akan dihadiri oleh Dr. Abdul Hafidz Zaid, MA, wakil Rektor III UNIDA Gontor, Yoke Suryadarma, M.Pd.I mewakili Ka.Prodi PBA UNIDA Gontor dan Ahmad Kali Akbar, M.Pd.I sebagai operator pelaksana program pembelajaran Bahasa Arab digital.

Selain UNIDA Gontor, akan turut datang dan ikut dalam penandatangan kerjasama MoU ini, sekitar 45 Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta serta Lembaga Pendidikan Islam se-Indonesia.

Kerjasama ini diharapkan akan semakin menguatkan pembelajaran Bahasa Arab yang telah ada di Indonesia secara umum dan perguruan tinggi baik negeri maupun swasta serta lembaga pendidikan Islam secara khusus sesuai dengan perkembangan teknologi di zaman milenial ini. [Yoke / Ed. Taufiq]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *