Tingkatkan Kualitas Publikasi, LPP UNIDA Gontor Selenggarakan Pelatihan Editing Naskah

Tingkatkan Kualitas Publikasi, LPP UNIDA Gontor Selenggarakan Pelatihan Editing Naskah

Dalam rangka meningkatkan kreatifitas mahasiswa, Lembaga Penelitian dan Penerbitan (LPP) UNIDA Gontor mengadakan acara “Pelatihan Editing Naskah”. Adapun pemateri pada acara tersebut adalah M. Anwar Jaelani, seorang penulis dan editor yang telah berkarya sejak 1985.

Beliau merupakan penulis yang sangat berpengalaman. Di antara karya tulisnya terdiri dari opini, artikel, dan buku bacaan, dsb. Adapun karya beliau yang sangat terkenal adalah buku yang berjudul “Warnai Dunia dengan Menulis”.

Pada acara tersebut beliau menyampaikan, bahwa “Dalam dunia tulis-menulis seorang editor merupakan seseorang yang amat sangat penting keberadaannya”. Salah satu peran penting editor adalah menganalisa naskah buku yang kemungkinan di dalamnya banyak kesalahan. Hal itu menjadi kewajiban editor sebelum buku-buku tersebut diterbitkan. Sehingga, di balik kesuksesan seorang penulis yang hebat ada seorang editor yang tidak kecil perannya.

Pelatihan editing naskah yang diadakan pada tanggal 1 Februari 2014 tersebut berjalan dengan sangat lancar. Adapun peserta yang hadir saat itu adalah para penanggungjawab publikasi dan penerbitan seperti: jurnal, majalah, dan buku yang dikelola oleh mahasiswa yang berada di seluruh kampus UNIDA Gontor.

Harapan dari pelatihan ini adalah menghasilkan pengelola jurnal, majalah, dan buku yang profesional. Sehingga mereka dapat menerbitkan naskah-naskah yang berkualitas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *