UNIDA Gontor Adakan Konferensi Internasional tentang Usul Fiqh Perdana di Indonesia.

UNIDA Gontor Adakan Konferensi Internasional tentang Usul Fiqh Perdana di Indonesia.

Siman, Sabtu (12/10/2019) Fakultas Syariah Universitas Darussalam Gontor menyelenggarakan International Conference On Usul Fiqh (ICUF) dengan tema “Usul Fiqh and Contemporary Issues”. Ini merupakan konferensi pertama yang diadakan di Indonesia yang mengkaji secara khusus isu-isu tentang Usul Fiqh di era kontemporer saat ini..

Kegiatan ini dimulai dengan seminar internasional, dengan keynote speaker diantaranya ialah Prof. Dr. Mahmud Abdurrahman Abdul Mun’in dari Kairo, Prof. Dr. Abdurrahman Raden Aji Haqqi dari Brunei Darussalam, Prof. Dr. Muhammad Hasan Hitou dari Jerman, Dr. Imam Kamaluddin, Lc. M. Hum. Dekan Fakultas Syari’ah Universitas Darussalam Gontor, Dr. Mulyono Jamal M.A. Lektor Pascasarjana Universitas Darussalam Gontor, dan Dr. Hasanuddin dari DSN.

Acara ini juga dihadiri langsung oleh Presiden Universitas Darussalam Gontor, K.H. Hasan Abdullah Sahal. Konferensi ini diikuti oleh 70 presenter dari berbagai perguruan tinggi, serta ada 140 tamu turut menghadiri acara ini. Tema-tema yang menjadi pembahasan pada konferensi kali ini adalah Sejarah dan Perkembangan Ilmu Usul Fiqh; Pemikiran Usul Fiqh Kontemporer; Pelaksanaan Ilmu Usul Fiqh dalam Era Kontemporer; Usul Fiqh dan Keuangan Islam; dan Usul Fiqh Kontemporer Dalam Isu Keuangan.

Di era modern ini, isu Usul Fiqh sudah banyak dikaji di dunia Barat. Namun, pembahasan tentang ilmu ini masih sangat kurang di Indonesia. Maka, dengan diselenggarakannya konferensi internasional ini, harapannya dapat mengundang masyarakat Indonesia untuk mengkaji lebih dalam tentang Usul Fiqh dan dapat memecahkan isu-isu baru yang muncul di era kontemporer seperti sekarang ini. Contohnya ialah seperti penggunaan asuransi yang belum ada hukumnya.

Akan ada lebih banyak permasalahan apabila keilmuan ini dikaji lebih jauh lagi. Dalam sambutannya, Prof. Dr. Muhammad Hasan Hitou mengatakan,

“Ilmu Usul Fiqh adalah ilmu yang wajib untuk dikaji karena segala permasalahan muncul karena belum mengetahui asal-usul dari hukum dalam agama Islam. Inilah betapa pentingnya kajian ilmu usul fiqh untuk disebarluaskan kepada masyarakat Islam”.

[Jahhid/ed:Fikrul]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *