UNIDA Adakan Workshop Peningkatan dan Pengembangan Karya Ilmiah

UNIDA Adakan Workshop Peningkatan dan Pengembangan Karya Ilmiah

UNIDA Gontor – “Publikasi Ilmiah adalah tolak ukur posisi perguruan tinggi, semakin banyak karya ilmiah yang terbit, semakin meningkat juga kualitas perguruan tinggi tersebut, UNIDA berada jauh dibawah universitas lain, bahkan diantara universitas berbasis islam, oleh karena itu kita harus serius untuk meningkatkan kualitas jurnal kita”, ungkap Dr. H. Jarman Arroisi, M.A. dalam pemaparannya di Workshop Peningkatan dan Pengembangan Karya Ilmiah, Minggu (25/02).

Acara yang dilaksanakan oleh Lembaga Penerbitan dan Publikasi (LPP) UNIDA tersebut dihadiri oleh pengelola jurnal setiap program studi beserta mahasiswa. Pada hari ini pembahasan diarahkan pada pembentukkan jurnal baru khusus bagi mahasiswa. Sesuai ketentuan Kemenristekdikti bahwa setiap mahasiswa sebelum menyelelesaikan studinya di perguruan tinggi dan mendapatkan gelar S1, diwajibkan untuk menulis minimal 1 karya tulis ilmiah dan diterbitkan di Jurnal. Jurnal khusus mahasiswa ini diharapkan mampu menjadi wadah mahasiswa dalam mengembangkan kemampunnya dalam menulis karya ilmiah.

Sebelum acara pada hari Minggu, Workshop ini juga diisi oleh Dr. Khoirun selaku Pengelola Journal of Indonesian Islam-UIN Surabaya yang telah terindeks SCOPUS. Dalam pemaparanya beliau menjelaskan untuk mendapatkan jurnal yang berkualitas dan terindeks SCOPUS, butuh proses yang cukup panjang. Semua mahasiswa dan dosen harus aktif dalam menyumbangkan idenya melalui karya ilmiah.

Ada beberapa pengukuran karya ilmiah yang berkualitas diantaranya, jumlah makalah ilmiah yang terbit di jurnal terindeks SCOPUS, makalah yang terbit di jurnal internasional terindeks non scopus, makalah ilmiah yang terbit di jurnal nasional terakreditasi, rencana induk penelitian, materi dan buku ajar berbasis penelitian, penerapan teknologi tepat guna serta jumlah hak kekayaan intelektual.

Pembuatan jurnal mahasiswa, terlebih dahulu delakukan dengan pembuatan jurnal berbasis online yang diarahkan oleh Lalu Suganda Rady Putra, M.Eng. Rencana kedepan setiap program sutudi memiliki 2 prodi yaitu jurnal program studi itu sendiri dan jurnal mahasiwa. Jurnal program studi yang telah ada diharapkan untuk mempertahankan posisinya dan meningjatkan kualitasnya agar terindeks nasional maupun internasional. Setelah itu dilanjutkan dengan pembahasan editing jurnal oleh Al-Ustadz Muhamad Muslih (pendiri jurnal At-Ta’dib, 1999) pada siang harinya.[Iqbal]

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *