Tingkatkan Wawasan & Pengetahuan, Mahasiswa Program Martikulasi Ikuti Language Visit

Tingkatkan Wawasan & Pengetahuan, Mahasiswa Program Martikulasi Ikuti Language Visit

YOGYAKARTA – Sukses adakan program Martikulasi bahasa, Pusat Bahasa Univeristas Darussalam Gontor bersama Mahasiswa Program Martikulasi lakukan kunjungan ke beberapa pusat studi bahasa yang ada di Yogyakarta diantaranya Central Language Improvement  Universitas Islam Indonesia (CLI UII), Pusat Bahasa Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta dan Pondok Pesantren Baitussalam Yogyakarta. Kegiatan ini dilaksanakan dari tanggal 26 april 2017 sampai 27 April 2017 diikuti oleh 8 orang mahasiswa program martikulasi bahasa serta dibimbing  oleh 3 orang pembimbing yaitu Ustad Agung Prawoto S.Pd, Ustad Ahmad Khairurraziqin S.Pd.I, Ustad Toni Ilham Prayogo, S.Th.I

Progam  Matrikulasi Bahasa merupakan program intensif bahasa yang baru diadakan pada tahun 2016 di Universitas Darussalam Gontor, berada dibawah naungan Pusat Bahasa UNIDA Gontor. Progam ini bertujuan untuk mempersiapkan para Mahasiswa baru yang belum memiliki kemampuan dalam berbahasa Arab dan Inggris. Sekaligus merupakan dasar persiapan dalam kepenulisan skripsi, karena UNIDA Gontor mewajibkan Bahasa Arab dan Inggris dalam kepenulisannya.

Sedangkan Language Visit merupakan salah satu bagian dari studi akademik yang berada di luar kelas yang diharapkan dapat menambah wawasan dan mendukung proses belajar mahasiswa. Kegiatan ini juga dimaksudkan agar mahasiswa tidak mendapat pembelajaran didalam kelas saja tetapi juga mengetahui bagaimana perkembangan pemakaian bahasa yakni (Bahasa Arab & Bahasa Inggris) yang berada di kampus-kampus lain.

Adapun tujuan dari kegiatan ini sebagai berikut: Menguji kemampuan mahasiswa dalam bermuhadatsah bahasa Arab dan Inggris, Memotret secara umum proses belajar bahasa di kampus dan pondok yang dituju, Memberi motivasi mahasiswa untuk mencintai dan mendalami Bahasa Arab dan Bahasa Inggris.

Kunjungan Pertama ke Pusat Pengembangan Bahasa UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, kedatangan peserta language visit UNIDA Gontor disambut hangat oleh Direktur Pusat Pengembangan Bahasa Dr.Sembodo Ardi Widodo,A.Ag. M.Ag. acara yang dilaksanakan yakni seminar dan sesi tanya jawab, penyerahan kenang-kenangan dan di akhiri dengan berkeliling ke sekitar gedung Pusat Pengembangan Bahasa, seperti lab, ruang kelas,ruang test,dan lain-lain dan Perfotoan.

Selanjutnya Kunjungan kedua ke CLI UII, adapun fokus kunjungan ini pada pembelajaran Bahasa Inggris, kedatangan mahasiswa & pembimbing language visit UNIDA Gontor disambut hangat oleh member dari CLI UII, kemudian dilanjutkan diskusi dan sharing diantara kedua belah pihak.

kunjungan terakhir ke Pondok Modern Bitussalam Prambanan berlangsung pada hari Kamis, 27 April 2017, focus kunjungan peserta language visit UNIDA Gontor pada pembelajaran bahasa Arab, dan juga mengadakan diskusi dan Tanya jawab bersama bapak pimpinan Pesantren Baitussalam Prambanan.

“Diantara manfaat Kegiatan ini, Untuk mengetahui seberapa jauh kemampuan mahasiswa Matrikulasi dalam muhadatsah Bahasa Arab dan Inggris. Mahasiswa dapat mengenal proses belajar bahasa di kampus dan pondok yang dituju, Mahasiswa mendapat motivasi untuk mencintai dan mendalami Bahasa Arab dan Bahasa Inggris”, ujar Agung Prawoto, selaku pembimbing.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *