Tingkatkan Kualitas Penelitian, LPP Adakan Workshop Penelitian Dosen UNIDA Gontor

Tingkatkan Kualitas Penelitian, LPP Adakan Workshop Penelitian Dosen UNIDA Gontor

Penelitian merupakan salah satu Tri Dharma dari Perguruan Tinggi. Baik itu Perguruan Tinggi Negeri maupun Perguruan Tinggi Swasta, penelitian adalah aspek terpenting dalam pendidikan. Dengan penelitian tersebut seluruh civitas kampus akan terbiasa dengan menganalisa hingga memecahkan suatu masalah yang terbaru dengan cara ilmiah.

Melihat urgensi tersebut Universitas Darussalam Gontor mengadakan Workhsop Penelitian Dosen. Acara ini diperuntukkan dosen-dosen UNIDA Gontor yang mewakili semua prodi yang ada di UNIDA Gontor. Harapannya adalah supaya perwakilan prodi tersebut nantinya mampu menginformasikan kepada dosen-dosen prodi lainnya untuk meneliti.

Workshop Penelitian kali ini diadakan oleh Lembaga Penelitian dan Penerbitan (LPP) UNIDA Gontor. Kegiatan dosen tersebut diadakan pada Jum’at – Sabtu, 27-28 Maret 2015. Acara yang berjalan selama dua hari itu dibuka oleh Rektor UNIDA Gontor, Prof. Dr. Amal Fathullah Zarkasyi, M.A. Dalam pidato pembukaannya, beliau menyampaikan bahwa semua dosen UNIDA Gontor harus terbiasa melakukan penelitian.

Adapun yang menjadi narasumber pada workshop penelitian ini adalah Prof. Dr. Imam Robandi, M.T, Prof. Dr. Musta’in Mashud, M.Si, dan Dr. Slamet Mulyono, M.Si. Beliau bertiga merupakan pakar di bidang penelitian, baik penelitian Sosial Keagamaan maupun penelitian Sains dan Teknologi.

Acara workshop penelitian tersebut dibagi menjadi beberapa sesi. Pada hari pertama, Jum’at, 27 Maret 2015, sesi pertama, yang menjadi pembicara adalah Dr. Slamet Mulyono, M.Si. Beliau menyampaikan tentang teori penelitian serta urgensi penelitian sebagai benteng pertahanan ilmu pengetahuan dalam Islam. Sedangkan pada sesi kedua, Prof. Dr. Musta’in Mashud, M.Si. melakukan evaluasi proposal dari para peserta workshop.

Dan pada sesi ketiga dan keempat diisi oleh Prof. Dr. Imam Robandi, M.T. Beliau merupakan Kasie Lab. Power System Operation & Control di Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya. Beliau menekankan bahwa penelitian bagi seorang dosen adalah suatu kewajiban yang tidak dapat dipandang sebelah mata. Kualitas seorang dosen sangat ditentukan oleh kuantitas dan kualitas penelitian pada bidangnya masing-masing.

Acara Workhsop Penelitian ini merupakan langkah awal Lembaga Penelitian dan Penerbitan UNIDA Gontor dalam rangka menyaring bibit-bibit penelitian yang berkualitas. Dan untuk langkah selanjutnya Lembaga Penelitian akan mengadakan pembimbingan secara terus-menerus agar tercipta iklim penelitian di lingkungan universitas sehingga tercapai UNIDA Gontor sebagai Research University.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *