Tingkatkan Kemapuan Bahasa Arab, Peserta PKU XI Ikuti Program Pembelajaran Bahasa Arab

Tingkatkan Kemapuan Bahasa Arab, Peserta PKU XI Ikuti Program Pembelajaran Bahasa Arab

UNIDA Gontor – Sabtu, 26 Agustus 2017, Pembukaan program pembelajaran Bahasa Arab dan pembentukan karakter peserta Program Kaderisasi Ulama Angkatan XI (PKU XI) dilaksanakan di Hall CIOS UNIDA Gontor. Acara ini dihadiri langsung oleh Wakil Rektor II Al-Ustadz Dr. Setiawan bin Lahuri, M.A., Direktur Pelaksana Program Kaderisasi Ulama Al-Ustadz Khoirul Umam, M.Ec., Direktur Pusat Bahasa Al-Ustadz Dr. Abdul Hafidz Zaid, M.A. dan Direktur Pusat Pendidikan dan Latihan Al-Ustadz Alif Cahya Setiyadi, M.A..

Direktur Pusat Bahasa UNIDA Gontor Dr. Abdul Hafidz Zaid, M.A., saat menyampaikan sambutan di hadapan peserta PKU XI

Pada sambutannya, al-Ustadz Dr. Abdul Hafidz Zaid, M.A., menjelaskan bahwasannya program ini merupakan program tahunan yang sudah dimulai sejak tahun lalu untuk peserta PKU utusan MUI Kalimantan Timur khususnya. Akan tetapi, pada tahun ini ada empat peserta PKU Reguler yang berkeinginan untuk mengikuti program ini, karena belum memiliki kemampuan berbahasa Arab, yang notabenenya lulusan sekolahan umum. Disamping itu, beliau menjelasakan bahwa program ini diikuti oleh 44 peserta dengan rincian 22 peserta putra dan 22 peserta putri, yang terbagi menjadi 2 kelas sesuai dengan hasil pretest.

Selain itu, al-Ustadz Dr. Setiawan bin Lahuri dalam sambutannya menegaskan, bahwa Gontor tidak memiliki tongkat sihir seperti Harry Potter, untuk membuat kalian bisa berbahasa Arab. Akan tetapi, yang bisa membuat anda bisa berbahasa Arab adalah usaha anda sendiri. Ustadz dan ustadzah fungsinya adalah membantu dan memfasilitasi program bahasa Arab dan pembentukan karakter ini. Biasanya orang yang ingin memiliki kepribadian dan bahasa yang baik datang ke Gontor, itu membutuhkan waktu empat, lima, enam, tujuh bahkan sampai sepuluh tahun. Akan tetapi, antum hanya memiliki waktu enam bulan untuk belajar bahasa Arab di sini, dengan harapan pada akhir nanti antum memiliki kemapuan bahasa Arab yang baik. Dan di akhir sambutannya beliau membuka program ini dengan membaca al-Fatihah.

Program ini memiliki banyak agenda, dimulai dari sholat subuh berjama’ah di masjid, membaca al-Qur’an bersama, penghafalan kosa-kata, pembelajaran bahasa Arab di dalam kelas, mahkamah/penghakiman bahasa dan kegiatan tambahan, seperti pidato bahasa Arab, puisi bahasa Arab, maharatul istima’ dan masih banyak lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *