Tingkatkan Kemampuan Mengajar, Mahasiswa Tarbiyah UNIDA Gontor Adakan PPL di PonPes Nurul Bayan Lombok

Tingkatkan Kemampuan Mengajar, Mahasiswa Tarbiyah UNIDA Gontor Adakan PPL di PonPes Nurul Bayan Lombok

Kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) di Fakultas Tarbiyah diikuti oleh para mahasiswa dari semua program, diawali dengan pembekalan dan microteaching. Kegiatan ini diarahkan untuk memberikan pengalaman nyata kepada mahasiswa terhadap medan pendidikan di lapangan sekaligus sebagai wahana untuk menerapkan pengalaman teoritis yang telah diperolah mahasiswa.

Fakultas Tarbiyah sebagai lembaga pendidikan yang mempersiapkan dan sekaligus mencetak calon tenaga pendidik telah berupaya untuk membentuk lulusannya menjadi calon pendidik yang professional. Kemampuan ini diukur dari sejauh mana para lulusan memiliki kompetensi kependidikan, baik kompetensi pedagogik, profesional, kepribadian maupun sosial. Oleh karena itu, Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu program yang sangat penting dalam memenuhi kebutuhan tersebut.

Kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) di Fakultas Tarbiyah UNIDA Gontor dilaksanakan dalam 2 tahap kegiatan.  Tahap pertama adalah micro teaching dalam bentuk praktek mengajar dalam skala kecil, yang bertujuan melatih mahasiswa untuk mempraktikkan teori dalam skala terbatas (simulasi pembelajaran), sedangkan tahap kedua adalah kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan yang bertujuan memberikan pengalaman mahasiswa terhadap praktik kependidikan dalam situasi pembelajaran yang sebenarnya.

Pada Tahun 2016 ini, Mahasiswa Fakultas Tarbiyah Kampus pusat Siman mengadakan PPL di tempat yang berbeda dari tahun-tahun sebelumnya yaitu di Pondok Pesantren Nurul Bayan Telage Bagek Anyar, Bayan, Nusa Tenggara Barat. Lebih istimewa lagi kegiatan ini di hadiri langsung oleh Bapak Dekan Fakultas Tarbiyah Dr. H. Imam Bahroni, M.A.,M.L.Sc.

Kegiatan yang dibimbing oleh Ka.Prodi PBA Ust. Alif Cahya Setiyadi, M.A dan Ust. Agus Yasin, M.Pd.I. ini, berlangsung selama sepuluh hari 17 – 28 Maret 2016. Selain praktik mengajar, Mahasiswa Fakultas Tarbiyah ini menanamkan nilai-nlai pondok kepada para santri disertai berbagai kegiatan seperti kepramukaan, muhadhoroh, kajian-kajian ilmiah, olahraga, pentas seni dll.

Diharapkan kegiatan ini dapat terus ditingkatkan setiap tahunnya agar dapat mencetak lulusan Sarjana Pendidikan yang berkualitas dan bermutu serta siap menjadi pendidik untuk generasi yang akan datang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *