Tingkatkan kemampuan Bahasa Arab, Mahasiswa UNISSA Brunei Mengadakan Kunjungan ke UNIDA Gontor

Tingkatkan kemampuan Bahasa Arab, Mahasiswa UNISSA Brunei Mengadakan Kunjungan ke UNIDA Gontor

UNIDA Gontor – Demi meningkatkan kemampuan bahasa Arab mahasiswa dan mahasiswi Universitas Islam Sultan Sharif Ali (UNISSA) Bruneidarussalam, mengunjungi Universitas Darussalam Gontor (UNIDA) selama 2 hari dari tanggal 22-23 Maret 2019.

Acara kunjungan tersebut dalam rangka program peningkatan bahasa Arab untuk para mahasiswa/I UNISSA Brunei dengan mengunjungi beberapa kampus di Indonesia. Adapun peserta yang mengikuti program yang diadakan oleh UNISSA berjumlah 8 orang yang terdiri dari 4 pelajar program Doktor, 1 pelajar program Magister, dan 3 pelajar program Sarjana. Di sela-sela kunjungan Dekan Fakultas Bahasa Arab UNISSA, Prof. Madya Dr. Siti Sarah binti Haji Ahmad menyampaikan bahwa kunjungan ini menjadi mobilisasi akademik pembelajaran peningkatan bahasa Arab.

“Suatu kehormatan dan kesyukuran bagi kami sudah diterima di UNIDA Gontor dalam rangka peningkatan akademik khususnya pembelajaran bahasa Arab,” Ujar Prof. Sarah. Sabtu, (23/03).

Ia pun menerangkan ada 3 dosen lagi yang menjadi pembimbing mereka selama di Indonesia. Kunjungan mereka tidak hanya dalam peningkatan bahasa saja, tetapi ia pun belajar kultur dan budaya bangsa Indonesia. Selain itu para peserta mahasiswa/I UNISSA Brunei diberi kesempatan untuk dapat menyampaikan seminar karya ilmiah mereka kepada mahasiswa UNIDA Gontor di aula Sirah Nabawiyyah.

Wakil Rektor III UNIDA Gontor, Dr. Abdul Hafidz Zaid, M.A menyampaikan rasa kegembiraannya dalam menyambut kedatangan kunjungan akademik UNISSA Brunei. Ia pun mengapresiasi perihal peningkatan pembelajaran akademik khususnya peningkatan Bahasa Arab. Ia menjabarkan kegiatan-kegiatan di UNIDA Gontor terkait dengan pengembangan bahasa Arab secara singkat dan padat. Selain itu, ia menjelaskan juga bahwa bahasa Arab merupakan bahasa resmi yang wajib digunakan oleh para mahasiswa UNIDA Gontor.

“UNIDA Gontor merupakan sebuah perguruan tinggi yang menerapkan mahasiswanya untuk berbahasa baik bahasa Arab maupun bahasa Inggris di dalam kelas dan asrama,” ujar Dr. Hafidz.

Pada kesempatan tersebut pembantu Dekan UNISSA Brunei, Dr. Ahmad Yani menyampaikan bahwa kunjungan ke Indonesia yang diikuti oleh peserta dari Mahasiswa/I merupakan kunjungan perdana. Oleh karena itu, harapan para rektor dan dosen UNISSA Brunei terhadap agenda kunjungan ini yakni mendapatkan pengalaman baru terkait peningkatan bahasa Arab. Selain itu, agenda inti dari kunjungan ke 3 kampus yakni UNIDA Gontor, UIN Malang, dan UIN Surabaya adalah mendapatkan suntikan motivasi agar dapat mempraktekkan bahasa Arab sekembalinya mereka ke Bruneidarussalam.

Dr. Yani memberitahukan banyak peluang yang dapat meningkatkan pendidikan di UNISSA Brunei. Salah satunya adalah pembentukan kerjasama perguruan tinggi UNISSA dengan UNIDA Gontor yang dapat memacu semangat para mahasiswa/I dan meningkatkan daya saing bahasa secara signifikan.

Tidak hanya demikian saja, dosen UNISSA Brunei, Dr. Ahmad Asri Lubis juga menyepakati hadirnya kerja sama antar perguruan tinggi dalam hal peningkatan akademik khususnya bahasa Arab. Karena bahasa Arab menjadi kunci dalam memahami Al-Qur’an dan menjadi bahasa komunikasi dalam sehari-hari. (Tonny Ilham)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *