THE 4TH CONVENTION ON EUROPEAN STUDIES

THE 4TH CONVENTION ON EUROPEAN STUDIES

The 4th Convention on European Studies telah diadakan pada hari Kamis hingga Sabtu, 18-20 Agustus 2016, bertempat di Basement Dome Universitas Muhammadiyah Malang (UMM). Kurang lebih terdapat 20 dosen yang mengikuti acara The 4th Convention on European Studies yang bertempat di Kota Malang ini. Program Studi Ilmu Hubungan Internasional Universitas Darussalam Gontor yang juga merupakan anggota tetap dari Komunitas Indonesia untuk Kajian Eropa (KIKE) serta Asosiasi Ilmu Hubungan Internasional Indonesia (AIHII) juga mengirimkan 2 dosen delegasi yaitu Puti Parameswari, M. Si., dan Novi Rizka Amalia, M. A. untuk turut serta menyukseskan acara tersebut.

Konvensi ke-4 terkait Kajian Eropa kali ini dibuka dengan seminar nasional mengangkat tema besar “Multiculturalism in Europe and Its Challenges”. Seminar tersebut diisi oleh beberapa praktisi, pemangku kebijakan serta akademisi Kajian Eropa, yaitu Bapak Muhadi Sugiono, selaku perwakilan Komunitas Indonesia untuk Kajian Eropa (KIKE), Bapak Hafid Adim Pradana selaku penggiat penelitian Kajian Eropa dari UMM, serta Bapak Agung Cahaya Sumirat selaku perwakilan Kementrian Luar Negeri Indonesia. Acara seminar tersebut menguak bahwa kini berbagai tantangan bagi isu multikulturalisme di Eropa telah muncul dari berbagai bidang. Sebagai salah satu usaha dalam memelihara keharmonisan multikulturalisme, Uni Eropa dan Indonesia telah mengadakan Interfaith Dialogue sejak 2005.

Kemudian acara dilanjutkan dengan agenda Panel Discussion yang mengundang pembicara yang merupakan para akademisi dan peneliti Kajian Eropa dari berbagai universitas di Indonesia. Acara seminar dan diskusi panel tersebut diikuti oleh kurang lebih ratusan peserta, termasuk di dalamnya para delegasi universitas dan mahasiswa. Rangkaian agenda selanjutnya adalah Teaching Workshop bagi para delegasi universitas yang tergabung dalam Komunitas Indonesia untuk Kajian Eropa (KIKE). Workshop tersebut merupakan kelanjutan agenda rutin pertemuan dari KIKE dalam menyukseskan Kajian Eropa berciri ke-Indonesia-an. Rangkaian agenda kemudian ditutup dengan ICES Meeting, dimana para delegasi yang tergabung dalam KIKE berdiskusi untuk membahas rencana ke depan serta realisasi berbagai agenda KIKE terkait Kajian Eropa. Konvensi Eropa ke-4 ini telah membuka peluang bagi Unida Gontor, khususnya Prodi Ilmu Hubungan Internasional untuk turut aktif dalam bidang Kajian Eropa.

PESAN DAN KESAN : The 4th Convention on European Studies

Alhamdulillahirrabbilalamin, setelah sempat mengikuti seminar dan workshop terkait Kajian Eropa di Semarang pada semester yang lalu, kini saya berkesempatan mengikuti kegiatan lanjutannya yaitu The 4th Convention on European Studies yang diadakan di dan oleh Universitas Muhammadiyah Malang (UMM). Kegiatan yang berupa rangkaian seminar, diskusi panel serta ICES Meeting dalam Konvensi Eropa tersebut telah membuka peluang dan kesempatan lebih luas bagi saya selaku delegasi Prodi Ilmu Hubungan Internasional Universitas Darussalam Gontor untuk bertukar pikiran, berdiskusi dan melakukan kegiatan bersama dengan para praktisi, pemangku kebijakan dan khususnya para akademisi yang juga memiliki minat yang sama dalam studi Eropa.

Setelah berkesempatan mengikuti rangkaian agenda The 4th Convention on European Studies, saya merasa peminatan Kajian Eropa untuk Prodi IHI Unida Gontor menjadi semakin jelas dan sudah lebih spesifik dari sebelumnya. InsyaALLAH, Prodi IHI Unida Gontor dalam Kajian Eropa akan banyak mengulas dan membahas tema besar Islam dan Eropa. Nantinya tema besar Islam dan Eropa akan digarap secara bersama oleh para delegasi KIKE dari berbagai universitas, termasuk Unida Gontor. Selain itu, dalam acara seminar dan workshop saya juga berkesempatan memperkenalkan program studi Hubungan Internasional Universitas Darussalam Gontor pada perwakilan dari universitas-universitas lain. Saya rasa mengikuti kegiatan seminar dan workshop kemarin dapat membuka dan menambah link ke luar bagi Unida Gontor, khususnya bagi prodi IHI Unida. Manfaat lain yang saya rasakan adalah saya bisa ikut terlibat aktif bersama rekan-rekan dosen HI lain dari seluruh Indonesia dalam AIHII (Asosiasi Ilmu Hubungan Internasional Indonesia) dan Komunitas Indonesia untuk Kajian Eropa (KIKE).

Meskipun rangkaian agenda The 4th Convention on European Studies tidak sempurna, namun saya rasa pelaksanaan kegiatan sudah sangat baik. UMM selaku penyelenggara dan tuan rumah telah memberikan bantuan dan fasilitas yang sangat memadai bagi para peserta konvensi. Maka dari itu, kami para delegasi KIKE untuk Konvensi Eropa sangat berterima kasih kepada para panitia konvensi karena sudah berusaha membantu, menyambut serta menyelenggarakan acara ini dengan sangat baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *