Ternyata Bahasa Arab di Gontor Diajarkan untuk Tujuan ini

Ternyata Bahasa Arab di Gontor Diajarkan untuk Tujuan ini

Gontor sangat terkenal baik di Indonesia maupun di dunia dengan sistem pengajaran bahasa Arabnya. Namun tahukah kita arti sebenarnya tujuan dari diajarkannya Bahasa Arab di Gontor?

Dr. Ahmad Hidayatullah Zarkasyi, berbicara di depan mahasiswa UNIDA Gontor dalam kultum rutin setelah maghrib menjelaskan bahwa banyak orang yang belum mengerti apa tujuan sebenarnya dari diajarkannya bahasa Arab di Gontor.

Berkal-kali Gontor mendapat penghargaan internasional atas peranannya mengembangkan bahasa Arab. Dan berkali-kali pula Gontor diundang untuk berbicara di berbagai forum internasional untuk menceritakan tentang pengalaman mengembangkan bahasa Arab.

Dalam salah satu forum tersebut, Dr. Ahmad Hidayatullah Zarkasyi menyampaikan, “Sebenarnya kita mengajarkan Bahasa Arab bukan karena Bahasa Arab adalah tujuan utamanya. Namun tujuan yang sebenarnya dari pengajaran bahasa Arab adalah untuk character building.”

Hal itu sontak membuat terkejut orang-orang yang hadir dalam pertemuan itu. Bagaimana mungkin Bahasa Arab diajarkan sebagai salah satu dari sekian banyak sarana untuk membentuk karakter?!

Beliau lalu menjelaskan bahwa “Bahasa Arab diajarkan agar santri cinta dengan ilmu. Dan dengan cintanya itu, dia menjadi orang yang bercita-cita untuk menjadi seorang ulama, menjadi seorang mundzirul qoum.” Dengan memiliki kecintaan terhadap ilmu dan cita-cita yang mulia itulah terbentuk karakter seorang anak didik yang baik dan mulia.

Apa bukti bahwa bahasa Arab bukan fokus utama Gontor? “Saat Gontor mendirikan perguruan tinggi, fakultas pertama yang didirikan adalah fakultas Ushuluddin, bukannya Fakultas Bahasa. Dan ketika beberapa tahun kemudian Gontor membuka pendidikan, yang dibuka pertama kali juga adalah Pendidikan Agama Islam, bukan Pendidikan Bahasa Arab.”

Beliau lalu menjelaskan sanad metode pengajaran bahasa Arab di Gontor. “Pak Zarkasyi, salah satu pendiri Gontor, belajar dari Prof Mahmud Yunus di Padang Panjang. Nah, Prof Mahmud Yunus adalah alumni dari Universitas Kairo, khususnya di Darul Ulum, di mana di sana terdapat fakultas pertama yang mengajarkan bahasa Arab bagi selain orang Arab.”

“Saat ini, alumni-alumni dari Darul Ulum tersebar di berbagai belahan dunia, dan menjadi tokoh dari pendidikan bahasa Arab. Khususnya, saat ini banyak dari mereka yang tersebar di Sudan dan membuka berbagai fakultas bahasa Arab di Sudan.”

Dengan kata lain, sanad metode pengajaran Bahasa Arab di Gontor bersambung dengan Darul Ulum, Universitas Kairo. “Pak Zar lalu mengembangkan apa yang beliau pelajari dari Prof Mahmud Yunus hingga menghasilkan sistem pengajaran yang seperti ini.”

Dr Ahmad Hidayatullah Zarkasyi lalu kembali menekankan bahwa pembentukan karakter memang sejak awal menjadi tujuan pokok pendidikan di Gontor. “Pendidikan kepemimpinan juga diajarkan di Gontor, namun pendidikan kepemimpinan sendiri adalah bagian dari pembentukan karakter.” [Taufiq Affandi]

 

Artikel Terkait:

Rencana Short Course Bahasa Arab, Mahasiswa Kyoto University Jepang di UNIDA Gontor
Unida Gontor Akan Kembangkan Pembelajaran Bahasa Arab Digital
Dr Dihyatun Masqon: Bahasa Arab, Bahasa Peradaban dan Budaya
Dekan Fakultas Sastra Arab Universitas King Saud Melatih Pengajaran Bahasa Arab di UNIDA Gontor
Ternyata Cara Berdoa Orang Shaleh Berbeda

6 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *