Tergetkan PIMNAS 33, LPPM, DEMA dan GenBI Adakan Sosialisasi dan Sharing Program Kreativitas Mahasiswa (PKM)

Tergetkan PIMNAS 33, LPPM, DEMA dan GenBI Adakan Sosialisasi dan Sharing Program Kreativitas Mahasiswa (PKM)

UNIDA Gontor – Sebagai usaha untuk meningkatkan jumlah proposal PKM didanai Dikti, Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM), bekerjasama dengan DEMA dan GenBI Mengadakan Sosialisasi dan Sharing Program Kreativitas Mahasiswa pada Sabtu, 24 Agustus 2019 di Hall Gedung Utama Lantai 4 .

Sosialisasi dan Sharing tersebut dibagi menjadi 2 gelombang, gelombang pertama untuk semester 1 pada pukul 13.00 s/d selesai, gelombang kedua untuk semester 3 dan 5 pada pukul 20.00 s/d selesai .

Pada Gelombang pertama Ustadzah Niken Trisnaningrum, S.P.,M.Si berkesempatan untuk mensosiasikan PKM, mulai dari tujuan PKM sampai kepada 8 Bidang yang ada di PKM 2019. Kemudian dilanjutkan dengan pemaparan “Teknik Penulisan PKM” yang disampaikan oleh Ustadzah Maya Sari, M,Si. Sementara gelombang kedua, pada malam harinya Ustadz Muhammad Nur Kholis, M.Si menjadi pembicara untuk sosialisasi PKM untuk semester 3 dan 5.

Pada sambutannya Dr. Hamid Fahmy Zarkasyi, M.A.,M.Phil, menyampaikan bahwa “Skripi yang hanya ditulis dan menumpuk di perpustkaan itu tidak penting, yang terpenting adalah melakukan penelitian dan menerapkannya di masyaralat”

Dr. Hamid juga menjelaskan tentang pentingnya melakukan penelitian, suatu Universitas akan menjadi Universitas yang terkemuka apabila mahasiswa dan dosen banyak menulis di jurnal internasional, khususnya Scopus. Apalagi penelitian berbasis sains dan teknologi akan mudah dilirik oleh perusahaan dan bisa menjadi fokus penelitian yang akan kita tekuni nanti.

Perlu diketahui dalam kurun waktu 2016 sampai 2019 UNIDA Gontor selalu lolos untuk pendanaan PKM, 1 proposal pada tahun 2015, 5 proposal tahun 2016, 4 proposal tahun 2017 dan 3 proposal tahun 2018. Dari jumlah tersebut tiap tahunnya UNIDA Gontor berhasil lolos PIMNAS (Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional), kecuali pada tahun ini saja.

Untuk meningkatkan minat sekaligus berbagi pengalaman, salah satu anggota GenBI, Muhamad Iqbal Munir berkesempatan untuk sharing terkait PKM sampai dengan diundang untuk mengikuti PIMNAS 31 di Universitas Negeri Yogyakarta. “PIMNAS merupakan ajang bergensi Mahasiswa di Indonesia dan menjadi suatu kebanggan tersendiri bisa mengibarkan bendera UNIDA Gontor di antara 126 universitas di Indonesia”, pungkasnya.

LPPM menargetkan akan lebih banyak lagi proposal yang bisa di submit ke simbelmawa Dikti, sehingga peluang untuk bisa lolos pendanaan bisa lebih banyak juga. Oleh karena itu setelah acara tersebut dilakukan pendataan peserta untuk mengikuti karantina penulisan proposal selama 1 minggu. Dengan ini juga diharapakan bisa mengirimkan kembali delegasi untuk PIMNAS pada tahun selanjutnya, terutama PIMNAS ke 33 mendatang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *