Universitas Darussalam Gontor

kultum siang

Rasulullah Shalallahi Alaihi Wa Salam bersabda:

المرء مع من أحبّ                                                  

            “Setiap Orang akan dikumpulkan bersama orang yang ia cintai”.(HR. Bukhori: no. 6170 ; Muslim, no. 2640).

Itulah hadist yang disampaikan pada kajian mingguan di masjid, yang disampaikan Al- ustadz Wahyudi selaku Kepala Prodi Pendidikan Bahasa Arab yang merangkap menjadi Direktur Pusat Bahasa di Universitas Darussalam Gontor. Beliau menjelaskan Pertemanan tak hanya sampai batas maut yang memisahkan di dunia saja. Namun pertemanan itu bisa abadi hingga akhirat kelak, tentunya sahabat yang baik.

Mencari sahabat yang baik bukanlah perkara yang mudah, apalagi di zaman ini, dimana dengan kemajuan teknologi manusia dapat mengakses teman dari berbagai belahan daerah di dunia. Melalui kecanggihannya, manusia dapat menggali pengetahuan melalui teknologi, namun hal itu akan miris ketika seseorang tidak memperhatikan dan mengetahui akhlaq teman yang ia kenal melalui media sosial. Sudah seharusnya di masa ini kita memperhatikan beberapa hal dalam berteman, karena berteman dengan teman yang baik sangatlah membantu kita dan bahkan dikatakan dapat membawa keuntungan.

Berikut diantara keuntungan berteman

  1. Sifat seseorang dengan kesalehanya dapat menular,

Secar tidak langsung jika kita berteman dengan orang baik itu kita akan tertular kebaikan karena kita bersama orang baik. Namun begitu sebaliknya jika kita bergaul berama orang yang buruk maka kita akan tertular Ahlaq buruknya. Ya seperti perumpamaan penjual minyak wangi kita akan tertular dengan wanginya walapun bau nya, Namun ketika dengan seorang pandai besi maka mungkin pakaian mu akan terbakar.

  • Sahabat yang saleh akan mendoakan mu, sekalipun yang di doakan tidak tau.

Pada doa mu malaikat ikut mengaminkan. Secara tidak langsung malaikat mengaminkan untuk keduanya. Bisa dikutip Doa tersebut doa yang mustajab, karena yang mendoakan ikhlas tanpa meminta imbalan.

  • Sahabatmu shalehmu itu shahabat sejati. Yang selalu menasehatimu ketika kamu salah. Dalam mahfudzat berbunyi:

صديقك من صدقك لا من صدقك

Dari beberapa keutaman dalam berteman dengan orang yang baik, secara tidak langsung kita harus memperbanyak lingkup pertemanan dengan orang baik, yang dimana dapat memberi syafaat  untuk menolong kita dan bahkan nantinya kita akan dikumpulkan dengan orang-orang shaleh. Sebagaimana perkataan Hasan Al- basyri “Perbanyaklah berteman dengan orang-orangorang baik, karena mereka memiliki syafaat pada hari kiamat”.

(Red: Zikky Sudrajat/Ed. Adrian Rizky Pratama)

Adrian

Adrian

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *