Tandatangani MoA Dengan Saudi Electronic University (SEU), UNIDA Gontor Akan Memulai Pembelajaran Bahasa Arab Digital

Tandatangani MoA Dengan Saudi Electronic University (SEU), UNIDA Gontor Akan Memulai Pembelajaran Bahasa Arab Digital

MALANG – Jum’at, 28 September 2018 lalu, Universitas Darussalam (UNIDA) Gontor  bersama 44 Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta serta Lembaga Pendidikan Islam se-Indonesia berkesempatan menandatangani Memorandum of Agreement (MoA) dengan Saudi Electronic University (SEU). MoA tersebut meliputi Program Pengajaran Bahasa Arab Online (Arabic Online) dan Test Standar Bahasa Arab secara Internasional (TOAFL).

Penandatanganan MoA tersebut dilaksanakan di Gedung Graha Rektorat Lt. 9 Universitas Negeri Malang (UM) dan dihadiri oleh Dr. Abdul Hafidz Zaid, MA, wakil Rektor III UNIDA Gontor, Yoke Suryadarma, M.Pd.I mewakili Ka.Prodi PBA UNIDA Gontor dan Ahmad Kali Akbar, M.Pd.I sebagai operator pelaksana program pembelajaran Bahasa Arab digital.

Dalam sambutannya, Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-Musa, Rektor Saudi Electronic University (SEU) menyatakan, bahwa Program Bahasa Arab Online (Arabic Online) merupakan pembelajaran bahasa jarak jauh berbasis Internet yang di dalamnya terdapat tes standar Bahasa Arab atau Test of Arabic as Foreign Language (TOAFL) dimana Sistem pembelajaran Arabic Online ini telah  didesain dengan sistem Eropa. Kemudian beliau juga menyatakan, bahwa dalam kerjasama ini mestinya ada biaya untuk membeli program sebagaimana dengan negara-negara di Eropa dan Amerika, akan tetapi mengingat hubungan baik Indonesia dan Saudi yang terjalin selama ini, maka untuk masyarakat Indonesia kerjasama ini sifatnya hibah tanpa berbayar.

Program yang akan dihibahkan Saudi Electronic University (SEU)  ini memiliki sejumlah kelebihan, diantaranya: Program telah didesain untuk diterapkan secara online, program terdiri atas 6 level utama, 16 sublevel berstandar Eropa (Common European Framework of References for Languages (CEFR)), program ini memuat 796 video interaktif, 12.000 file mp3, dan 6.320 gambar pembelajaran, serta ribuan latihan praktis,  pada setiap akhir tiga sublevel terdapat tes hasil belajar, dan pada akhir program terdapat tes standar bahasa Arab.

Penandatangan MoA, diakhir dengan makan siang bersama para pimpinan Perguruan tinggi dan Rektor Saudi Electronic University (SEU), kemudian dilanjutkan dengan pelatihan dan sosialisasi teknis pemanfaatan program yang disampaikan langsung oleh SEU.

MoA antara UNIDA Gontor dengan Saudi Electronic University (SEU) merupakan langkah kongkret komitmen UNIDA gontor dalam melengkapi pembelajaran bahasa Arab yang ada di UNIDA Gontor  berbasis digital. Hal ini mengingat dari semenjak tahun 1963, UNIDA Gontor telah konsisten menerapkan pembelajaran bahasa Arab dan pemakaiannya dalam perkuliahan di dalam kelas, tugas akhir mahasiswa serta pemakaian sehari-hari.

Dalam hal ini, Rektor UNIDA Gontor, Prof. Dr. Amal Fathullah Zarkasyi, MA, sangat mengapresiasi kerjasama ini dan berharap dengan adanya MoA ini akan semakin menguatkan pembelajaran bahasa Arab yang telah diterapkan di lingkup UNIDA Gontor. “Pembelajaran bahasa Arab digital ini nanti tidak hanya bermanfaat secara aplikatif bagi mahasiswa prodi PBA UNIDA Gontor semata, tetapi juga bagi seluruh mahasiswa UNIDA Gonto,” papar beliau. [Suryadarma/Wafi]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *