Table Manner HI UNIDA Gontor 2016

Table Manner HI UNIDA Gontor 2016

Table Manner atau Etika Perjamuan di atas meja merupakan salah satu acara penutup bagi seluruh peserta acara Diplomatic Course Hubungan Internasional (HI) Universitas Darussalam (UNIDA) Gontor. Dalam acara Table Manner para peserta diajarkan bagaimana untuk latihan dalam menyantap makanan yang ada di hadapan mereka dan tersaji di meja makan tentunya dengan adat istiadat dan norma yang berlaku di dunia internasional. Dalam dunia diplomatik yang berkembang di dunia internasional, para delegasi dari setiap negara yang ada berada di sela-sela suatu persidangan biasanya menyantap makanan yang ada di jamuan internasional sesuai dengan adat istiadat yang berlaku di negara tersebut.

Agenda Table Manner dilaksanakan di Hotel Majapahit yang dulu bernama hotel Yamato berlokasi Jl. Tunjungan No. 56, Surabaya.  Hotel ini merupakan salah satu hotel berbintang lima yang masih memegang teguh arsitektur Belanda kunonya serta pengaruh sejarah yang sangat melekat, sehingga menjadi rujukan destinasi para turis domestik maupun mancanagera sebagai destinasi sejarah yang ada di Surabaya. Peserta diperkenalkan sisi sejarah yang ada di hotel tersebut, seperti kamar 33 yang dianggap sebagai kamar paling bersejarah, serta tiang bendera Merah Putih yang dikenal dengan Insiden Bendera pada 19 September 1945.

Agenda ini dilaksanakan pada hari Senin, 25 April 2016. Table Manner kali ini menggunakan serta gaya ala Prancis. Gaya ini memang diangggap sebagai salah satu model yang sering terjadi di dunia internasional. Untuk pihak hotel diisi oleh:

  1. Anwar Syamsul, sebagai Banquet Sales Manager.
  2. Dona Patricia, Asistent Banquet Sales Manager.
  3. Donny, sebagai Manager Sarkies Restoran.
  4. Benny Setyawan, sebagai Front Office Manager.

Semoga dengan diadakannya agenda Table Manner ini dapat menambah pengalaman bagi mahasiswa HI UNIDA dalam melaksanakan jamuan makan internasional yang Insya Allah suatu saat nanti menjadi keseharian mereka ketika menjadi seorang diplomat nanti.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *