Pembelajaran Bahasa Arab Online di Gontor Untuk Peradaban Indonesia

Pembelajaran Bahasa Arab Online di Gontor Untuk Peradaban Indonesia

UNIDA Gontor – Teknologi digital tanpa disadari telah berkembang dengan pesat. Hal itu dibuktikan dengan berkembangnya era 3.0 yang beralih ke era digital 4.0 dengan berbagai macam fitur kemudahan dalam mengaksesnya. Sama halnya dengan peran bahasa latin yang berkembang di Eropa, bahasa Arab menyumbangkan banyak kosakata kepada bahasa-bahasa di dunia Islam. Abad pertengahan bahasa Arab merupakan bahasa utama ilmu pengetahuan dan politik. Interaksi pada masa itu membuat beberapa bahasa latin turut meminjam kosakata beberapa bahasa arab. Maka dari itu, perlu kiranya sebuah media pembelajaran bahasa Arab online yang akan membantu banyak orang yang ingin belajar bahasa Arab dengan mudah.

Bahasa Arab di Indonesia

Bahasa Arab di Indonesia mempunyai posisi strategis dalam kajian Islam karena sumber utama ajaran Islam (Al-Qur’an dan Sunnah) dan mayoritas referensi ilmu keislaman itu berbahasa Arab. Program Bahasa Arab Online (Arabic Online) merupakan pembelajaran bahasa jarak jauh berbasis Internet yang di dalamnya terdapat tes standar Bahasa Arab atau Test of Arabic as Foreign Language (TOAFL) dan telah  didesain dengan sistem Eropa.

Pengaruh bahasa Arab paling mendalam tampak pada pesantren-pesantren dan lembaga bahasa Arab mayoritas berada di lembaga pendidikan. Kendati demikian, pengaruh bahasa tidak kurang hanya dalam bahasa-bahasa lingkungan sekitar lembaga pesantren dan bahasa Arab. Wakil Rektor III UNIDA Gontor, Dr. Abdul Hafidz Zaid, M.A mengungkapkan masa lalu pembelajaran bahasa Arab hanya berada di sekitar pesantren, oleh karena itu pengembangan bahasa Arab juga harus mengikuti zaman era digital 4.0 sehingga tidak hanya dikalangan pesantren namun juga bisa dinikmati oleh orang-orang umum. “Jika kita memulai dengan jihad, maka kita akan mendapatkan sesuatu yang baru,” ujar Dr. Hafidz. Rabu, (3/4).

Inovasi Pembelajaran Bahasa Arab di Era 4.0

Salah satu langkah inovasi tersebut adalah pelaksanaan kerjasama melalui Memorandum of Understanding (MoU) dengan Universitas Elektronik Saudi (The Saudi Electronic University) mengenai pembelajaran Bahasa Arab digital. Kerjasama ini merupakan wujud nyata upaya pengembangan pembelajaran Bahasa Arab digital yang dimediasi oleh Ittihadu Mudarrisi al-Lughoh al-Arabiyah (IMLA) sebagai organisasi profesi para pengajar Bahasa Arab di Indonesia.

Di penghujung acara Ketua Program Studi Pendidikan Bahasa Arab, Yoke Suryadarma, M.Pd.I menjelaskan tata cara pembuatan akun hingga mengoperasikan program bahasa arab online tersebut. Harapan dari seluruh dosen-dosen UNIDA Gontor adalah agar mahasiswa-mahasiswa UNIDA Gontor aktif dalam pengembangan pembelajaran bahasa Arab berbasis online untuk dapat dikembangkan di luar nanti khususnya lembaga-lembaga bahasa Arab di Indonesia. (Tonny Ilham)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *