Study Banding Mandiri Mahasiswa UNIDA di USIM

Study Banding Mandiri Mahasiswa UNIDA di USIM

Universiti Sains Islam Malaysia (USIM) adalah sebuah universitas islam dan universitas ke-12 yang dimiliki sepenuhnya dan dibiayai oleh pemerintah malaysia. USIM awalnya dikenal dengan nama Islamic University College of Malaysia (KUIM). Disana terdapat 12 fakultas, 13 Insitut riset, 14 pusat studi yang menawarkan program akademik yang bervariasi di bidang musik dan sains. Kemudian disana terdapat program gelar ganda yang ditawarkan antara lain jurusan ekonomi, hukum, syariah, bahasa dakwah, manajemen, Al-Quran dan Sunnah, Fikih, Konseling, Kedokteran, Sains dan Teknologi Informasi, Kedokteran gigi dan akutansi. Universitas ini memiliki kampus utama di Negeri Sembilan dan kampus cabang di Kuala Lumpur.2

Kegiatan study banding yang dilaksanakan  selama seminggu ini merupakan agenda pertama selaku mahasiswa Universitas Darussalam ke Malaysia dan Singapura. Diantara mahasiswa yang ikut dalam acara ini yakni dari Fakultas Humaniora yaitu prodi Ilmu Komunikasi, Hubungan Internasional, dan Prodi Teknologi Industri Pertanian. Kegiatan ini bertujuan melaporkan dan mendeskripsikan hal yang didapat pada kunjungan-kunjungan ke salah satu Universitas di Malaysia yaitu Universiti Sains Islam Malaysia (USIM) , dan beberapa tempat menarik yang ada disana seperti Arabic Street, Kampung Bugis, Johor Bharu, dan lain-lain. Selain itu juga memberikan pengalaman selama Study Banding di Singapura dan Malaysia bagi mahasiswa tersebut.

Adapun dengan kegiatan yang dilakukan selama disana antara lain, bersilaturahmi ke Universiti Sains Islam Malaysia dan mengenal salah satu Pejabat Naib Canselor Profesor Dato’ Dr. Musa Ahmad serta melakukan sharing ilmu pengetahuan bersama Al-Ustadz marwan (Staff Conseling) dan Dr. Dato’ Musa terkait perkembangan kampus di Universitas Darussalam (UNIDA) dan Universiti Sains Islam Malaysia (USIM),  juga membuat diskusi kecil-kecilan terkait perkembangan pemerintahan di Indonesia dan di Malaysia.

Kegiatan ini sendiri bermanfaat untuk berbagi ilmu pengetahuan akademik maupun non- akademi serta mengetahui kampus Universiti Sains Islam Malaysia lebih dekat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *