SPL  Fakultas Ushuluddin – Studi Agama Agama: Ajang Tasamuh Lintas Agama

SPL Fakultas Ushuluddin – Studi Agama Agama: Ajang Tasamuh Lintas Agama

Yogyakarta – Kampus IV Universitas Darussalam Gontor  Fakultas Ushuluddin Prodi Studi Agama-agama Semester 5  telah mengadakan  Studi Pengayaan Lapangan  lintas Agama ke beberapa daerah di Jawa tengah dan Yogyakarta.  Kegiatan ini dilaksanakan untuk meningkatkan  kualitas pendidikan dan pembelajaran serta agar para mahasiswa dapat  mengambil  ilmu dan mendengar langsung dari narasumber  tiap agama, sebagai perbandingan dan referensi antara pelajaran di kelas dengan situasi, fenomena dan kondisi di objek SPL.

Kegiatan ini dilaksanakan ketika Ujian Tengah Semester Muraja’ah  Santri yakni sejak hari Rabu 20 September  sampai  dengan hari rabu 27 September 2017 , pengambilan jadwal SPL ini mempertimbangkan  keseimbangan antar  kegiatan KMI dan UNIDA agar tidak saling memberatkan , Para Mahasiswa yang semuanya juga dimanahi  sebagai Guru di Gontor Kampus 3 ini pun extra dalam pembagian waktu kepada santri agar semua pelajaran selesai sebelum waktu SP. Adapun  Rombongan Fakultas ini   terdiri dari 27 mahasiswa dengan 2 pembimbing dari fungsionaris Fakultas Ushuluddin UNIDA  yakni Hifni Nasif , M.Ud dan Al Ustadz  Fadhli M.Fil I.

Dalam rangka Studi Pengayaan Lapangan (SPL) ini mahasiswa mengunjungi beberapa Institusi  Pendidikan dan  Tempat Peribadatan  Lintas Agama  serta melakukan kunjungan  silaturahmi dengan alumnus PMDG  maupun IKPM setempat, adapun urutan kunjungan sebagai berikut; Solo : Santunan 1000 anak yatim Piatu bersama IKPM Solo Raya yang diadakan di  Universitas Syahid, dilanjutkan dengan  kunjungan ke Gereja Katholik St. Paulus Paroki Kleco, beralih ke Salatiga: diskusi bersama dekan Fakultas Theology Universitas Kristen Satyawacana Salatiga (STIS) , lalu silaturahmi ke Pondok  Edimancoro .

Pada hari selanjutnya kami berkunjung ke Semarang dengan objek: Vihara Buddhagaya Watugong , Vihara Tanah Putih, Gereja Blenduk, Pura Agung Giri Natha. Berlanjut di kota Magelang : Sekolah Tinggi Teologi Magelang (Interdenominasi) ,  Yayasan Buddha – Vihara Mendut – Candi Mendut, dan Silaturahmi dengan Bapak Pengasuh Pondok (alumni)  Pesantren At Tauhid Al Islami. Kemudian bergeser ke kota istemewa Yogyakarta kami mengunjungi  Keraton Yogyakarta ,  Center For Religious And Cross-Cultural Studies (CRCS) yang berada di komplek UGM, Klenteng Fuk Ling Miaw , Perpustakaan dan Kolsani –Kolese St. Ignatius dan sampailah kunjungan terakhir kami di Percetakan Kanisius.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *