Simulasi Proses Akreditasi Jurnal Ijtihad Fakultas Syari’ah dalam Workshop Roadmap Akreditasi Jurnal Nasional

Dalam upaya peningkatan mutu serta membenahi jurnal agar menjadi jurnal yang terakreditasi nasional, pada hari Rabu (19/10), pengelola jurnal Ijtihad Fakultas Syariah menghadiri Workshop Roadmap Akreditasi Jurnal yang diadakan oleh Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Surakarta. Acara tersebut bertempat di Hotel Lor In, Solo dengan serangkaian acara yang dimulai pukul 08.00 hingga 16.00 WIB. Peserta yang hadir adalah para pengelola jurnal dari beberapa kampus lain seperti IAIN Mataram, Universitas Muhammadiyah Ponorogo, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Ijtihad Pekalongan, STAI Matoliul Falah Pati, IAIN Palangakaraya, STABN Wonogiri, dan STAIN Kudus.

Workhsop tersebut bertujuan untuk memberikan simulasi proses akreditasi jurnal sekaligus sebagai media silaturahmi para pengelola jurnal lintas universitas. Ketua pengelola Omah Jurnal IAIN Surakarta, Yusup Rohmadi, M. Hum, mengatakan, “Workhsop ini penting demi kemajuan bersama khususnya memajukan pengelolaan jurnal, dan demi kemajuan Indonesia,” ujarnya. Sesi pertama workshop, pukul 08.00-12.00 WIB, diisi dengan pembukaan dan pengenalan mengenai pentingnya e-jurnal yang terakreditasi serta bagaimana cara membuat e-jurnal terakreditasi melalui halaman ARJUNA (Akreditasi Jurnal Nasional). Sebagai narasumber, Dr. Lukman, S.T., M. Hum yang didatangkan dari LIPI dan sekaligus project manager Omah Jurnal di Indonesia, memberikan pencerahan bagaimana simulasi akreditasi jurnal.

Selanjutnya, dalam sesi kedua pukul 13.00-14.00 diisi dengan analisis terhadap jurnal-jurnal yang diterbitkan secara online di Indonesia, apakah telah layak untuk terakreditasi ataukah belum berdasarkan kriteria-kriteria tertentu. Pemateri kedua ialah Almakin, Ph.D dari pengelola Jurnal Al Jamiah UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Sebagai kesimpulan, berbagai macam ilmu mengenai proses akreditasi jurnal serta apa saja yang harus disiapkan dalam pengajuan akreditasi jurnal bisa didapatkan dari workshop tersebut. Untuk ke depannya, pengelola jurnal ijtihad fakultas Syariah mempersiapkan diri agar jurnal ijtihad mampu bersaing dengan jurnal-jurnal yang diterbitkan di Indonesia. (19/10)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *