Seminar Peradaban Islam Memasuki Pondok Modern Islam Assalam

Seminar Peradaban Islam Memasuki Pondok Modern Islam Assalam

SUKOHARJO – Pondok Pesantren Modern Islam (PPMI) Assalaam menyambut dengan hangat kedatangan rombongan Program Kaderisasi Ulama (PKU) ke IX Universitas Darussalam (UNIDA) Gontor dalam kegiatan rutinitas tap tahunnya pada Jum‘at (20/2) pagi. PKU menggelar Seminar Nasional tentang “pemikiran dan peradaban Islam” di hadapan sejumlah santri, Mahasiswa, dan guru pondok pesantren di gedung Seminar yang berlokasi di Sukoharjo, Surakarta, Jawa Tengah. Acara tersebut dibuka dengan kata sambutan dari Direktur PPMI Asslaam, Al-Ustadz Muqid Munir. beliau juga menjelaskan bahwa Seminar ini sangatlah penting karena akan memberikan pengetahuan yang tidak kita dapat di kelas.

Tiga peserta PKU berkesemAssalam 2 lowpatan memaparkan makalahnya pada pagi itu dengan 3 tema berbeda. Pertama, membahas tentang “Konsep Imam Mahdi Perspektif Sunni Syiah”. Oleh Al-Ustadz Wandi Bustomi. Menurutnya agar kita dapat berpikir bahwa Syiah itu salah, maka kita harus mengetahui kesesatan dan kesalahan dalam syiah itu sendiri. Seperti konsep imamiah yang dikaitkan dengan Imam Mahdi.

Tema kedua disampaikan Al-Ustadz Pahriannor mengenai “Etika salam kepada non-muslim” menjelaskan, bahwa memberikan salam kepada non-muslim cukup “alaikum”. Hal ini ditinjau kritis dari studi hadist. Pembicara ketiga, Al-Ustadz Sultan Zakaria dengan tema “Toleransi menurut Islam, dalam studi sejarah”, menyampaikan bahwasanya dalam sejarah Islam. Islam adalah agama yang sangat mentolerin agama lain. Jika suatu wilayah atau Negara yang umatislam menjadi penguasa, maka Islam tidak mengusik agama lain, bahkan memberikan perlindungan kepada mereka. *Sunny

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *