Seminar Nasional PKU ke IX. di STIM Ngruki

Seminar Nasional PKU ke IX. di STIM Ngruki

Seminar PKU ke IX di STIMSekolah Tinggi AL-Mukmin Ngruki – Rombongan PKU pada hari sabtu, 23 januari 2016 pukul 01.30 siang mengadakan Seminar Nasional “Pemikiran dan peradaban Islam” di Sekolah Tinggi Islam Al-Mukmin (STIM) Surakarta. Acara tersebut di buka dengan kata sambutan dari Al-ustadz Sutino selaku Ketua STIM.

Peserta seminar nasional tersebut dihadiri oleh mahasiswa STIM, dosen-dosen STIM, dan lebih banyak dihadiri oleh siswa-siswi kelas enam Pondok Pesantren Al-Mukmin Surakarta. Pemakalah pemakalah dari PKU yang berjumlah 3 orang ialah diantaranya. Pertama, Al-Ustadz Wandi Bustomi dengan tema “Kritik Terhadap Konsep ar-Raj’ah dalam Syiah”. Al-Ustadz Bustomi menjelaskan bahwa Syiah merubah maksud dari ayat-ayat Al-Quran dan Hadist cara penafsiran menuruti nafsu mereka sendiri. Kedua, Al-Ustadz Pahriannor, dengan tema “Konsep Asbabun Nuzul Perspektif Liberal : Telaah kritis pemikiran syahrur dan Nashr Hamid” memaparkan bahwa kesalahan penafsiran orientals adalah memahami Al-Quran cara Historisisme (Asal Usul) dan menganggap bahwa Al-Quran itu relatif. Ketiga, Al-Ustadz Abdul Mun’im dengan tema “Konsep Ushul Furu’ dalam Ushul Fiqih” menjelaskan bahwa Perbedaan Suatu kepastia. Yang terkadang bisa menjadi solusi untuk umat. Namun muslim yang menginginkan perbedaan untuk perpecahan umat,maka dia bukanlah Muslim.

Memasuki sesi Tanya jawab. Para peserta seminar tampak antusias. Dan seminar tersebut ditutup dengan pemberian hadiah kenang-kenangan dari Ketua PKU UNIDA. Al-Ustadz Taufik Effendi, kepada Ketua STIM Al-Ustadz Sutino. (Sunny)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *