Sebagai Upaya Pembentukan Jihad Ekonomi Via Pesantren, Prodi Ekonomi Islam UNIDA Gontor hadiri Talk Show dengan Bank Indonesia Cabang Kediri

Sebagai Upaya Pembentukan Jihad Ekonomi Via Pesantren, Prodi Ekonomi Islam UNIDA Gontor hadiri Talk Show dengan Bank Indonesia Cabang Kediri

Pada hari Jum’at dan Sabtu, 20-21 Mei 2016, Bank Indonesia Cabang Kediri bekerjasama dengan Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) Kediri menggelar talk show dan seminar sehari tentang “Jihad Ekonomi Via Pesantren: Merakit Jaringan & Kekuatan Ekonomi Pesantren”. Acara yang bertempat di Gedung Nasional Indonesia (GNI) Kediri ini dihadiri oleh pimpinan atau kiai dan santri pondok pesantren se-karesidenan Kediri (Nganjuk, Kediri, Blitar, dan Tulungagung), serta berbagai dosen, praktisi keuangan, pengusaha dan mahasiswa dari lembaga perguruan tinggi.

Dosen Universitas Darussalam Gontor, Daniar, MA., dari Fakultas Ekonomi dan Manajemen, Prodi Ekonomi Islam tampil sebagai salah satu narasumber bersama Aslihan Burhan, Ketua Pusat Inkubasi Bisnis Usaha Kecil (PINBUK) Pusat Jakarta. Dalam acara Talk Show yang ditayangkan secara live di televise lokal KSTV, Daniar menyampaikan tentang pentingnya penguatan pilar ekonomi pesantren sebagai penunjang kemandirian lembaga pendidikan Islam.

Sehari setelahnya, dalam kesempatan seminar sehari, Daniar juga menyampaikan tentang “Peranan Pesantren dalam pembangunan Ekonomi Ummat”. Tampil sebagai narasumber lainnya, Dr. Imron Mawardi, Ketua MES Jawa Timur, Aslichan Burhan, Ketua PINBUK Pusat, dan Budi Setiawan dari Tazkia Institut Surabaya.

Kesimpulan dari apa yang disampaikan Daniar secara sederhana adalah bahwa sumber daya ekonomi pesantren telah lahir sejak awal pesantren itu didirikan. Pernyataan tersebut ditinjau dari ideologi pesantren sebagai lembaga pendidikan berbasis pengabdian dan keikhlasan yang menjadi modal penting yang tidak dimiliki oleh entitas bisnis lainnya di dunia ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *