Rektor UNIDA Gontor: Perjuangkan Kemerdekaan Akademis Afrika Asia

Rektor UNIDA Gontor: Perjuangkan Kemerdekaan Akademis Afrika Asia

Gontor – Rektor UNIDA Gontor, Prof. Dr. KH Amal Fathullah Zarkasyi, M.A., menyampaikan bahwa adalah sulit untuk dipungkiri saat ini Asia Afrika masih hidup dibawah kolonialisme; bukan kolonialisme dalam bentuk fisik, tapi dalam hal intelektual dan akademis. Maka, diharapkan dengan Konferensi Internasional ini dapat meningkatkan kualitas sumber daya manusia dan memajukan peradaban.

Demikian disampaikan pada acara pembukaan International Conference, Afro-Asian Universities Forum, Ahad (22/7) di Balai Pertemuan Pondok Modern Darussalam Gontor.

Prof. Amal juga menyampaikan rasa hormat atas kepercayaan yang diberikan oleh Pimpinan Forum kepada Universitas Darussalam Gontor untuk menjadi headquarter baru AAUF.

“Hari ini merupakan sebuah kehormatan besar bagi Unida Gontor dan negara kita Indonesia menjadi tuan rumah Konferensi Internasional AAUF dalam tema Peran Universitas Afrika-Asia dalam Membangun Peradaban,” kata Prof. Amal

Konferensi dibuka langsung oleh Ibu Retno Marsudi, Menteri Luar Negeri Republik Indonesia. Pembukaan ini dihadiri oleh tamu-tamu undangan yang terdiri dari para rektor yang berasal dari 10 negara dan para rektor dari dalam negeri. Selain itu, turut hadir juga dosen-dosen dan mahasiswa Unida Gontor, serta santri Pondok Modern Darussalam Gontor.

“AAUF merupakan forum yang diprakarsai oleh 21 universitas di Asia dan Afrika tiga tahun yang lalu,” Prof. Amal menambahkan. Konferensi ini merupakan yang ketiga kalinya diadakan. Sebelumnya, pertama kali diadakan di Pakistan dan yang kedua di Brunei Darussalam. [Fikrul / Ed. Wafi, Taufiq / Foto: Hidayat]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *