Rektor UNIDA Gontor Membuka Program Pemantapan Bahasa Arab 3 Negara Secara Resmi

Rektor UNIDA Gontor Membuka Program Pemantapan Bahasa Arab 3 Negara Secara Resmi

Universitas Darussalam Gontor telah menjalin kerjasama dengan berbagai universitas baik di dalam maupun di luar negeri. Dan di antara universitas luar negeri yang telah memiliki MoU dengan UNIDA Gontor yaitu Universitas Sultan Syarif Ali Brunei Darussalam, Universitas Sains Islam Malaysia, Universitas Fathoni Thailand.

Dalam rangka merealisasikan program kerjasama antar universitas tersebut UNIDA Gontor mengadakan program Pemantapan Bahasa Arab. Program yang dihandle oleh Lembaga Bahasa (Language Center) tersebut melibatkan para dosen dan mahasiswa UNIDA Gontor untuk memaksimalkan jalannya program tersebut.

Program Pemantapan Bahasa Arab 3 Negara merupakan program yang baru dimulai pada tahun 2016. Adapun peserta program tersebut pada tahun ini berjumlah 15 mahasiswa. 7 mahasiswi berasal dari University Sains Islam Malaysia, 3 mahasiswi Universiti Sultan Sharif Ali Brunei Darussalam, 4 mahasiswa Universitas Fathoni Thailand, dan 1 mahasiswa dari Amerika.

Program Pemantapan Bahasa Arab (al-Daurah al-Tadribiyyah al-Mukatssafah fi al-Lughah al-Arabiyyah) akan dilakukan selama 2 bulan penuh yaitu mulai pada tanggal 15 Februari – 15 April 2016. Pada tanggal 21 Februari program tersebut resmi dibuka oleh Prof. Dr. Amal Fathullah Zarkasyi, M.A.

Pada pembukaan tersebut beliau berharap para peserta program pemantapan bahasa arab mampu menyesuaikan diri dengan lingkungan belajar di Universitas Darussalam Gontor. Beliau juga berharap agar semua mahasiswa mengoptimalkan potensinya dalam berbahasa sehingga selama 2 bulan ini mampu menguasai 4 keterampilan berbahasa Arab (Maharah Al-Kalam, Maharah Al-Kitabah, Maharah Al-Qira’ah, dan Maharah Al-Istima’) baik secara aktif maupun pasif.

Adapun tujuan utama dari program tersebut yaitu untuk mengajarkan bahasa arab dengan standar kemampuan yang ideal. Pada proses pembelajaran nantinya seluruh materi yang diajarkan akan menyesuaikan kemampuan para mahasiswa. Adapun materi secara umum yang diajarkan di antaranya Durus al-Lughah, Muthalaah, Tamrinat, Khat, Nahwu, Sharf, Maharatul Istima, Muhadatsah, Imla, dan Insya’.

Dan untuk penyesuaian lingkungan belajar seluruh mahasiswi yang berjumlah 10 orang akan mengikuti proses belajar mengajar di kampus UNIDA Gontor putri 1 yang berada di Mantingan, Ngawi. Adapun selebihnya melakukan proses belajar mengajar di kampus pusat UNIDA Gontor.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *