Rektor UNIDA Gontor: Kita Berdisiplin

Rektor UNIDA Gontor: Kita Berdisiplin

“Kita tetap berdisiplin,” tegas Rektor Universitas Darussalam Gontor (UNIDA Gontor), Prof Dr. KH Amal Fathullah Zarkasyi di hadapan mahasiswa baru, mahasiswa lama, dosen, wali mahasiswa, serta jamaah yang hadir, selepas shalat Jumat (14 Juni 2019).

“Tanpa ada displin, maka pendidikan tidak akan berhasil,” lanjut beliau.

Beliau lebih lanjut menekankan kembali bahwa UNIDA Gontor adalah sebuah universitas pesantren. “Adalah khittah kita menjadi universitas dengan menerapkan sistem pesantren,” kata beliau.

Akademis saja tidak cukup

Tanggal 14 Juni 2019 ini bertepatan dengan tanggal 10 Syawwal 1440, hari terakhir pendaftaran bagi mahasiswa baru jalur reguler (selain alumni KMI Gontor 2019).

Adapun mahasiswa baru jalur khusus (alumni KMI Gontor 2019) telah tiba di UNIDA Gontor, mengingat hari terakhir bagi mereka untuk tiba di kampus adalah pada 12 Juni 2019 atau 8 Syawwal 1440.

“Dalam universitas pesantren, bukan hanya sisi akademis yang harus bagus. Mental, akhlak dan spiritualitas juga harus bagus,” lanjut beliau.

Universitas pesantren ini berdiri pada tahun 1963 lalu kemudian mendapatkan status universitas pada tahun 2014. Kini UNIDA Gontor memiliki 17 program studi di 7 Fakultas. Fakultas tersebut adalah Fakultas Ushuluddin, Fakultas Tarbiyah, Fakultas Shariah, Fakultas Ekonomi & Manajemen, Fakultas Fakultas Humaniora, Fakultas Sains dan Teknologi, serta Fakultas Kesehatan.

Buah Displin

“Kakak-kakak kelas kalian telah menikmati hasil dari jerih payah dalam belajar dan berdisiplin. Mereka banyak yang berkiprah di dalam maupun luar negeri. Ada yang melanjutkan pendidikannya di Australia, Jerman, Inggris, Turki dan berbagai negara lainnya,” papar beliau memotivasi mahasiswa untuk serius dalam belajar dan berdisplin.

“Maka, bagi yang tidak memiliki keseriusan dan kesungguhan dalam belajar dan berdisiplin, saya silakan untuk pulang hari ini,” ungkap beliau dengan tegas. Ucapan tersebut beliau ulang dua kali untuk memberikan penekanan.

Beliau lalu menutup kata-kata beliau dengan doa semoga seluruh keluarga besar Gontor sukses dan khusnul khatimah. [Taufiq]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *