Universitas Darussalam Gontor

Rektor UNIDA Gontor: الإستقامة نصف الحكمة

UNIDA Gontor – Assoc. Prof. Dr. Hamid Fahmy Zarkasyi, M.A., M.Phil. berpesan kepada mahasiswa UNIDA Gontor untuk selalu beristiqomah dalam bersyukur atas segala nikmat yang telah Allah SWT berikan. Hal itu beliau sampaikan pada kesempatan Mimbar Rektor di Masjid Jami’ UNIDA Gontor, Jumat 21 Januari 2021/09 Jumada Tsani 1442.

Dalam kesempatan tersebut beliau menyampaikan bahwa di dalam Islam, ilmu tidak hanya tentang kaifiyyahnya saja, akan tetapi harus  berlandaskan pada iman. “Berislam itu belum lengkap apabila tanpa iman. iman itu tiga dimensi, ada keyakinan di hati, ada juga amalan yang dikerjakan berkaitan dengan syari’at seperti birrul walidain dan thalabul ilmi” ujar Ustadz Hamid.

Beliau menasehati seluruh mahasiswa UNIDA Gontor bahwa Panca Jiwa adalah refleksi dari Iman. “Panca Jiwa adalah refleksi dari iman. Amalan seorang mu’min harus didasari dengan ukhuwah islamiyah. Kemandirian adalah sebagian dari pada keimanan seorang mu’min. Jiwa kebebasan dalam panca jiwa bukan berarti liberal, namun sesuai dengan ilmu yang kita miliki. Sehingga dapat dikatakan kebebasan adalah ikhtiyar yang dilandasi oleh akhlakul karimah. Seluruhnya merupakan refleksi dari kadar keimanan mahasiswa UNIDA Gontor” tambah beliau.

Beliau kembali mengingatkan mahasiswa bagaimana pentingnya kedisiplinan dan kebersihan. Di akhir pidato, beliau berpesan “Disiplin adalah kunci meraih kesuksesan, termasuk disiplin dalam kebersihan yang membutuhkan keistiqomahan, dari keistiqomahan akan menghasilkan orang-orang yang berakhlakul hikmah atau bijaksana”. (Hari/Ed. Izza)

Zukhrufi Izza

Zukhrufi Izza

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *