Ratusan Pelajar MTsN Ponorogo Mengikuti Program Usbu’ Arabiy di UNIDA Gontor

Ratusan Pelajar MTsN Ponorogo Mengikuti Program Usbu’ Arabiy di UNIDA Gontor

Bahasa adalah gerbang dunia, salat satu filosofi yang ada dalam dunia pendidikan Gontor. Tepat pada hari Ahad, 12 Februari 2017 pusat bahasa UNIDA Gontor bekerjasama dengan Program studi Bahasa Arab (PBA) melaksanakan pembukaan Usbu’ Arabiy 2017 di kampus pusat.

Program Usbu’ Arabiy terlaksana hasil kerjasama (MoU) antara PBA Unida Gontor dengan MTs.N Ponorogo. Peserta yang hadir berjumlah 114 siswa/i, 60siswi dan 54 siswa. Mereka berasrama di gedung Ibnu Sina dan Asrama Umar bin Khattab lantai.1. Kegiatan Usbu’ Arabiy melibatkan 56 panitia  dan pengajar dari mahasiswa Pascasarjana dan mahasiswa semester 2-6 dari PBA UNIDA Gontor. Untuk pengurus siswi melibatkan 6 mahasiswi pascasarjana UNIDA Gontor.

Acara pembukaan dilaksanakan di hall gedung Siroh Nabawiyah dan dibuka oleh wakil rektor III UNIDA Gontor Dr. Dihyatun Masqon,M.A yang dalam sambutan hangat beliau berpesan,” kita akan belajar bersama kehidupan di kampus UNIDA Gontor, kehidupan berbahasa Arab, kehidupan bersosial, dan kehidupan berukhuwah islamiyah”. Bliau juga berpesan untuk menikmati program dan melaksanakan semua disiplin yang ada agar mencapai target yang maksimal. Turut hadir dalam pembukaan direktur pusat bahasa Dr. Abdul Hafidz Zaid, M.A, direktur pusat pelatihan Ust. Alif Cahya Setiyadi, M.A yang juga kepala prodi PBA UNIDA Gontor. Program ini adalah salah satu bentuk dari tridharma perguruan tinggi yaitu pengabdian masyarakat.

Adapun pembagian kelas peserta dibagi menjadi empat kelas, dua kelas putra yang bertempat di gedung Siroh Nabawiyah dan dua kelas putri bertempat di gedung Pascasarjana lantai tiga. Program ini diketuai oleh Ust. Muhammad Syamsul Arifin, S.Pd, salah satu staf harian pusat bahasa dan mahasiswa pascasarjana PBA Unida Gontor. Program akan berlangsung selama seminggu dari 12-17 Februari 2017.

Materi yang diajarkan fokus kepada lima materi yaitu Durusul Lughah, tamrinat, imla, mahaaratul kalam, dan mahaaratul istima’. Disamping materi formal dalam kelas kegiatan usbu’ Arabiy  juga diisi dengan program co-kurikuler, diantaranya; pidato berbahasa Arab, lagu berbahasa Arab, MC bahasa Arab dan Puisi berbahasa Arab. Keseluruhan program akan dilombakan di hari akhir program dan pada acara puncak penutupan akan diselenggarakan pentas seni akbar dari seluruh peserta, yang akan dilaksanakan di hall auditoirum gedung utama Unida Gontor.

Program usbu’ arabiy  bertujuan untuk mengenalkan kepada seluruh peserta untuk cinta bahasa Arab dan menanamkan nilai kepondokmodernan dalam setiap kegiatan yang ada. Karena bahasa Arab adalah salah satu unsur pendidikan yang ada dalam pendidikan pesantren.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *