Tahun 2009 Pondok Modern Darussalam Gontor telah berusia delapan puluh tiga tahun, usia yang cukup matang bagi suatu lembaga pendidikan. Selama itu pula Pondok telah ikut serta dalam proses pembangunan bangsa dengan mengembangkan model pendidikan yang khas, tidak hanya pada tingkat menengah tetapi juga tingkat perguruan tinggi. Tahun yang sama ISID Gontor (nama UNIDA sebelumnya) telah berusia empat puluh enam tahun, juga merupakan usia yang tidak bisa dibilang muda. Selama itu pula UNIDA Gontor telah memberikan kontribusi yang signifikan terhadap pencapaian cita-cita dan tujuan pendirian Pondok Modern Darusalam Gontor dan terus berupaya memberikan sumbangsih dan darma baktinya kepada masyarakat, bangsa dan agama. Maka wajar jika kepercayaan masyarakat, pemerintah dan dunia Islam pada umumnya terus diberikan pada pondok ini.

Sementara itu, permintaan dan harapan dari Pondok-pondok Alumni (yaitu pondok-pondok pesantren yang diasuh oleh alumni pondok Gontor) terus berdatangan, supaya UNIDA menyelenggarakan program studi lanjutan strata dua. Pendirian program studi strata dua UNIDA diharapkan sebagai wadah pengembangan kemampuan akademik guru-guru dan terutama dosen-dosen bagi pondok alumni yang telah memiliki perguruan tinggi.

Beberapa hal di atas sudah tentu merupakan modal bagi Pondok Modern Darussalam Gontor untuk mengembangkan program pendidikan tingkat lanjut di UNIDA yaitu Program Pascasarjana. Maka bersamaan dengan momen penyelenggaraan Program Kaderisasi Ulama (PKU) yang merupakan program kerjasama segitiga antara Kemenag RI, MUI, dan UNIDA pada Maret 2009 dicanangkan pendirian Program Pascasarjana UNIDA Gontor.

Program Pascasarjana UNIDA Gontor didirikan dengan segala kesiapan sarana-prasarana, sekaligus kesiapan sumber daya manusia (SDM) nya. Di samping itu, dukungan dari beberapa perguruan tinggi terkemuka baik di dalam maupun di luar negeri yang telah menjalin kerjasama (MoU) dengan UNIDA membuat PPS UNIDA tampil menjadi Program Pascasarjana yang terjamin kualitasnya, baik secara akademik maupun manajerialnya. Program Pascasarjana UNIDA Gontor, berdiri berdasarkan Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam (Dirjen Pendis) Kementerian Agama Republik Indonesia Nomor: Dj.I/267/2010. Saat ini, Program Pascasarjana UNIDA Gontor telah memiliki dua Prodi; Ilmu Aqidah dan Pendidikan Bahasa Arab.

Visi

Menjadi pusat keunggulan (Centre of Excellence) bagi pengkajian Islam dalam kaitannya dengan program Islamisasi ilmu pengetahuan kontemporer untuk kemajuan peradaban Islam.

Misi

  1. Mencetak ilmuwan muslim yang menguasai ilmu pengetahuan dan peradaban Islam secara komprehensif berdasarkan pada khazanah intelektual Islam sehingga mampu memahami peradaban lain secara kritis dan selektif.
  2. Mencetak ilmuwan yang mampu melakukan proses integrasi dan Islamissasi ilmu pengetahuan kontemporer, baik secara individual maupun secara kolektif, dengan bekerjasama dengan pakar-pakar dalam bidang masing-masing sesuai dengan hajat masa kini umat Islam.
  3. Mencetak ilmuwan muslim yang dapat mengintegrasikan kekuatan moral dan intelektualnya agar dapat berperan kontributif terhadap pengembangan pemikiran dan peradaban Islam.

Syarat Pendaftaran

  1. Memiliki ijazah S1 dari PTN atau PTS yang disamakan dari semua disiplin ilmu. Bagi lulusan luar negeri ijazahnya harus memperoleh kesetaraan dari Departemen Pendidikan Nasional.
  2. Memiliki IPK minimal 3,00.
  3. Bagi dosen, guru, PNS/CPNS, atau mereka yang telah bekerja sedikitnya 2 tahun memiliki IPK 2,75.
  4. Lulus ujian saringan masuk (Bahasa Arab & Inggris).
  5. Membayar biaya pendaftaran sebesar Rp. 250.000,-
  6. Mengisi formulir secara online dan mengisi formulir cetak di sini
  7. Formulir cetak diserahkan langsung ke sekretariat Program Pascasarjana UNIDA Gontor atau dikirim melalui alamat pos ke alamat:

Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru

Program Pascasarjana Universitas  Darussalam Gontor

Jl. Raya Siman km. 6 Demangan, Siman, Ponorogo, Jawa Timur

  1. Menyerahkan formulir yang telah diisi dengan melampirkan:
  2. Salinan ijazah S-1 dan Transkrip Nilai yang telah disahkan (rangkap 2)
  3. Surat rekomendasi dari dua orang dosen/ pembimbing yang mengenal kemampuan akademik calon peserta atau dari pimpinan tempat calon peserta bekerja (bagi yang bekerja).
  4. Makalah tentang pendidikan bahasa arab kurang lebih 10 halaman.
  5. Pas Foto ukuran 4×6 lima lembar (tidak berkacamata, berwarna, background gelap, kertas dof).
  6. Surat pernyataan.
  7. Bukti lunas biaya pendaftaran.
  8. Formulir pendaftaran.

Waktu Pendaftaran

Pendaftaran dibuka setiap saat pada :

Jumadal Ula s/d Ramadhan

Tempat Pendaftaran

 Gedung Pascasarjana Universitas Darussalam Gontor lt.1 ruang 101

Jl. Raya Siman km. 6 kec. Siman kab. Ponorogo

 Contact Person

Purwadi Nasrun (0821-9410-2506)

pendaftaran pascasarjana unida gontor