Program Pascasarjana UNIDA Gontor Gelar Workshop Penulisan Makalah & Tesis

Program Pascasarjana UNIDA Gontor Gelar Workshop Penulisan Makalah & Tesis

UNIDA Gontor – Program Pascasarjana Universitas Darussalam (UNIDA) Gontor menggelar workshop penulisan makalah dan tesis bersama Prof. Dr. Barmawy Munthe, M.A., dan Roni Ismail, M.A., Workshop ini berlangsung selama dua hari, sabtu 30 september 2017 s/d ahad 1 oktober 2017 yang bertempat di Hall Siroh Nabawiyyah.

Acara ini dihadiri oleh Wakil Rektor II UNIDA Gontor Dr. Setiawan bin Lahuri, M.A., Asisten Direktur Pascasarjana UNIDA Gontor Dr. Mohammad Muslih, M.Ag., Ka Prodi Aqidah & Filsafat Islam Dr. Kholid Muslih, M.A., Ka Prodi Pendidikan Bahasa Arab Dr. Abdul Hafidz Zaid, M.A., Ka Prodi Hukum Ekonomi Syari’ah Dr. Syamsuri, M.Sh., Fungsionaris Pascasarjana UNIDA Gontor dan seluruh Mahasiswa/i Pascasrjana.

“Setidaknya Ada empat tingkatan budaya pada mahasiswa saat ini pertama budaya demo. Kedua, budaya oral. Ketiga, budaya orasi dan keempat, budaya menulis. dari kempat budaya tersebut ternyata budaya menulislah paling tinggi tingkatannya” Ujar Asisten Direktur Pascasarjana UNIDA Gontor Dr. Mohammad Muslih, M.Ag saat membuka acara workshop penulisan makalah & Tesis.

Lanjut Dr. Mohammad Muslih, mengatakan bahwa “kita harus berada di budaya literature, karena kita mengetahui ulama terdahulu dari berbagai macam tulisan yang ditulisnya. oleh sebab itu, menulis perlu dilatih, latihan semacam ini memang perlu. selanjutnya budaya menulis harus diiringi dengan budaya membaca agar ilmunya banyak, karena dengan ilmunya banyak, apa yang ditulis pun akan kaya ilmu.”

Acara ini merupakan satu alternatif pelatihan yang membantu mendesain sebuah tesis yang professional bagi mahasiswa Pascasarjana UNIDA Gontor. Kegiatan workshop ini dilaksanakan denga strategi yang bervariasi, seperti praktik, resitasi, diskusi kelompok kecil dan diskusi kelompok besar. Workshop ini berorientasi pada proses dan tugas-tugas serta peserta terlibat aktif dalam proses pelatihan. Dalam aktivitas workshop ini ada sejumlah tugas yang akan diselesaikan oleh peserta sebagai implementasi dari penulisan tesis.

Selama dua hari, workshop ini dibagi menjadi empat sesi; sesi pertama, dimulai pukul 08.00 – 12.00 pembukaan, praktik menganalisis tesis/jurnal, brainstorming research problem dan brainstorming thesis statement and main ideas. Sesi kedua, pukul 13.00 – 16.00 brainstorming supporting details, creating background used for the thesis statement dan creating theory used for thesis statement. Sesi ketiga, pukul 08.00 – 12.00 creating conclusion, teknik membuat bastraksi, penilaian karya ilmiah: standard dan kriteria. Sesi keempat, pukul 13.00 – 16.00 presenting a simple paper I, presenting a simple paper II dan plagiarism.

Adapun tujuan digelarnya workshop ini, agar mahasiswa Pascasarjana UNIDA Gontor mampu menulis kerangka besar sebuah karya ilmiah sehingga targetnya mampu mendesain karya ilmiah secara professional dalam bentuk tesis. Usai acara seluruh fungsionaris, mahasiswa/i pascasrjana UNIDA Gontor mengadakan perphotoan bersama pemateri Prof. Dr. Bermawy Munthe, M.A., dan Roni Ismail, M.A. [publikasi pasca]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *