Prof. Dr. KH. Amal Fathullah Zarkasyi Buka Lokakarya II Lingustik Korpus Arab di Indonesia

Prof. Dr. KH. Amal Fathullah Zarkasyi Buka Lokakarya II Lingustik Korpus Arab di Indonesia

UNIDA Gontor – Selasa, (16/1) Rektor Universitas Darussalam (UNIDA) Gontor Prof. Dr. KH. Amal Fathullah Zarkasyi, M.A. membuka secara resmi kegiatan Lokakarya II Lingustik Korpus Arab di Indonesia.bertempat  di Hall CIOS UNIDA Gontor. Dalam acara yang dihadiri oleh segenap jajaran Ittihadu mudarrisi al-Lughoh al-Arabiyah (IMLA) dan para dosen bahasa Arab dan Pendidikan bahasa Arab di Indonesia ini, bapak Rektor menyampaikan apresiasinya “kami sangat senang dan berterimakasih atas terselenggaranya Lokakarya II Linguistik Korpus Arab di Indonesia yang pada tahun ini bertempat di kampus UNIDA Gontor”

Kemudian dalam sambutannya Prof. Dr. K.H. Amal Fathullah Zarkasyi mengatakan “kita disini (Gontor) sudah menerapkan Bahasa Arab semenjak tingkat menengah Kuliyyatul Mu’alimin Al-Islamiyah (KMI), tingkat perguruan tinggi S1, S2 dan S3 karena Bahasa arab bukan hanya Bahasa agama tetapi Bahasa Ilmu pengetahuan. Karena semua pelajaran yang diajarkan di kampus ini mendominasi Bahasa Arab. Maka dari itu,  Bahasa arab juga digunakan dalam setiap penugasan kuliah dan tugas akhir mahasisiwa. Inilah yang menjadikan Bahasa Arab sebagai mahkota di UNIDA Gontor. Akan tetapi, kita tidak puas begitu saja! karena kita nantinya akan membuka Program Doktor dalam bidang Bahasa Arab.”

Langkah awal penyusunan Linguistik Korpus Arab di Indonesia sudah memasuki tahap kedua dalam bentuk lokakarya II Linguistik Korpus Arab setelah Tim 8 Perintis Penyusunan Korpus Bahasa Arab di Indonesia mengadakan Lokakarya Linguistik Korpus Arab yang ke pertama di UMY Yogyakarta pada tahun lalu.

Tahun ini UNIDA Gontor menjadi tuan rumah dalam acara lokakarya yang ke-dua. Usai pembukaan dan sambutan dari Bapak Rektor acara dilanjutkan dengan seminar tentang korpus Arab yang disampaikan oleh tiga narasumber utama yaitu: Prof. Dr. Imam Asrori, M.Pd, Ketua Umum PP IMLA (Ittihadu mudarrisi al-Lughoh al-Arabiyah), Dr. Aly bin Ma’youf Al-Ma’youf dari Center for Research and Intercommunication Knowledge – CFRIK, Riyadh, Saudi Arabia, dan Dr. Abdul Hafidz Zaid, M.A dari Universitas Darussalam Gontor.

Dalam presentasinya, Prof. Dr. Imam Asrori, M.Pd, Ketua Umum PP IMLA  menyampaikan tentang “inovasi kajian bahasa Arab Terapan dan prospek pengembangannya di perguruan tinggi di Indonesia” dan dilanjutkan oleh Dr. Aly bin Ma’youf Al-Ma’youf yang mengedepankan tema “peluan pengembangan kajian dan publikasi internasional di bidang Linguistik Korpus Bahasa Arab ”. Pada sesi terakhir Dr. Abdul Hafidz Zaid, M.A menyampaikan “Proyeksi pemanfaatan Korpus Bahasa Arab untuk pengembangan lembaga pendidikan di Indonesia”.

Acara lokakarya korpus II ini akan dilanjutkan dengan dua sesi lanjutan yaitu pada hari Rabu, 17 Januari 2018 dengan tema “perencanaan sistem dan desain korpus bahasa Arab bersama Totok Suhadjianto, Ph. D. pada sesi pertama, kemudian Prof. Madya. Dr. Haslina Hassan, dan Dr. Fokky Fuad, S.H., M.H. dan pada hari Kamis, 18 Januari 2018 pada tataran rapat pleno pembentukan tim kerja proyek korpus bahasa Arab. [Alif Cahya/ Ed. Wafi]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *