Prof. Dr. Aiman Amīn Abdul Ghonī Berkunjung ke UNIDA Gontor

Prof. Dr. Aiman Amīn Abdul Ghonī Berkunjung ke UNIDA Gontor

Bahasa Arab memiliki sejarah yang panjang dalam pekembangan dan pengajarannya, terkhusus untuk penutur selain dari Negara berbahasa Arab (linnathiqina bighairiha). Para Ulama Bahasa Arab dunia selalu berusaha untuk memberikan terobosan-terobosan untuk pengajaran bahasa Arab di level dunia. Banyak metode-metode baru yang bermunculan, kitab-kitab pedoman pengajaran bahasa Arab sampai mendirikan madrasah khusus untuk pengajaran Bahasa Arab.

UNIDA Gontor, Kamis, 31 Maret 2016 mendapat tamu kehormatan pakar bahasa Arab dari Timur Tengah Prof. Dr. Aiman Amīn Abdul Ghonī memberikan seminar internasional bertajuk “Metode Strategi Efektif dalam Pengembangan Pengajaran Bahasa Arab bagi A’jami (linnathiqina bighairiha)” di Hall CIOS UNIDA Gontor.

Seminar yang diselenggarakan oleh Prodi Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Tarbiyah ini dihadiri oleh Mahasiswa UNIDA khususnya Mahasiswa Sarjana dan Pascasarjana Pendidikan Bahasa Arab.

Dalam penjelasannya, pengarang kitab Al-Kafi ini menekankan pada pembelajaran bahasa Arab dengan metode yang mutaakhir. Pertama, seorang pengajar harus jelas, lantang dan terang saat menyampaikan pelajaran (الجاهر).  Kedua, seorang guru harus memberi sejumlah tamsil agar murid mudah menerima pelajaran ( المماثل).Terakhir, seorang pengajar mesti aktif agar suasana kelas tidak sepi (المحاور).

Kunjungan Guru Besar Bahasa Arab Prof. Dr. Aiman Amīn Abdul Ghonī ke UNIDA Gontor memberi semangat tersendiri khususnya para Mahasiswa Pendidikan Bahasa Arab (PBA) UNIDA Gontor baik pada tingkat Sarjana maupun Pascasarjana. Para Mahasiswa Prodi PBA ini di siapkan untuk menjadi pengajar-pengajar yang burkualitas dan bermutu yang nantinya akan terjun langsung ke pelosok nusantara menanamkan bahasa Al Quran  kepada para muridnya. Untuk menjadi ahli Bahasa Arab tidak cukup hanya dengan menelaah satu kitab dan mendatangi satu guru, akan tetapi berkelanjutan dan tidak mudah menyerah, tutur beliau dengan bahasa Arab fushah nya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *